Ahad 04 Oct 2015 14:44 WIB

ITB dan Pemrakarsa Smart City Edukasi Pejabat Daerah

Smart City alais Kota Cerdas (Ilustrasi).
Smart City alais Kota Cerdas (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Pembangunan Smart City alias Kota Cerdas membutuhkan kerja sama semua pihak yang terkait. Mengingat rumitnya pembangunan Kota Cerdas, ITB dan Forum Prakarsa Indonesia Cerdas mengedukasi pejabat daerah di Tanah Air.

“Pembangunan Kota Cerdas yang begitu rumit memerlukan konstribusi semua pemangku kepentingan kota, karena itu kami ajak pemimpin di daerah untuk memahami Smart City,” kata Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB Suhono Harso Supangkat dalam keterangannya, Ahad (4/10).

Guna mewujudkan Kota Cerdas, Forum Pemrakarsa Indonesia Cerdas bersama ITB menghelat lokakarya yang bertujuan mengedukasi pejabat  di daerah untuk membangun Kota Cerdas.

“Kami sadar Pemimpin kota, Walikota, Bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, memegang elemen penting dalam pembangunan Kota Cerdas. Lokakarya ini dihelat agar mereka menyadari persoalan kota semakin rumit karena jumlah penduduk kyang semakin melimpah melebihi dari kapasitas yang tersedia,” kata Suhono.

Menurutnya, dalam menghadirkan Smart City diperlukan pendekatan pola pikir dan pola tindak pembangunan kota dengan cara yang tepat  agar penduduk menikmati kebahagian dengan sumber daya yang optimal. Selain itu, dibutuhkan juga pemahaman persoalan kota, solusi cerdas persoalan kota, termasuk teknologi, tatakelola hingga model pembangunan atau bisnis akan dibahas dalam lokakarya.

“Pembangunan Kota Cerdas yang begitu rumit memerlukan konstribusi semua pemangku kepentingan kota, karena itu kami ajak pemimpin di daerah untuk memahami Smart City,” kata Suhono menambahkan.

Misalnya, para anggota perwakilan rakyat di daerah yang harus memahani usulan dan aspirasi program termasuk anggaran yang harus disetujui, memerlukan suatu pengetahuan yang tidak sederhana. Aspek teknologi, kemampuan hingga sumber daya manusia menjadi pengungkit inti untuk bisa memajukan semua sektor kehidupan kota secara cerdas.

ITB telah membuka open innovation lab and Smart City and community innovation center bekerja sama dengan Forum Prakarsa Kota Cerdas menyelenggarakan lokakarya. Sekaligus kegiatan Indonesia Initiatives Forum ke XI dan Forum Prakarsa Indonesia Cerdas pertama yang bakal dihelat pada 16 Oktober 2015 di Bandung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement