Kamis 01 Oct 2015 14:55 WIB

Dubes Saudi Minta Bersabar Tunggu Penyelidikan Insiden Mina

Rep: Marniati/ Red: Erik Purnama Putra
Jamaah haji menjadi korban insiden Mina pada Kamis (24/9).
Foto: AP
Jamaah haji menjadi korban insiden Mina pada Kamis (24/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Duta Besar  Saudi Arabia Untuk Indonesia, Musthafa Ibrahim al-Mubarak meminta semua pihak untuk bersabar menunggu hasil penyelidikan dari pemerintah Arab Saudi terkait penyebab tragedi Mina. Ia mengatakan masyarakat  diminta untuk tidak mempercayai pemberitaan yang berkembang saat ini sebelum ada penjelasan resmi dari pemerintah Arab Saudi.

"Investigasi dan penyelidikan sedang dilakukan. Untuk itu semua pihak diminta bersabar," ujar Musthafa Ibrahim al-Mubarak dalam diskusi publik targedi Mina yang diadakan di kantor PKB Jakarta, Kamis (1/10).

Ia menjelaskan, dari hasil investigasi nantinya akan diketahui penyebab pasti tragedi Mina. Apakah disebabkan karena kesalahan dalam manajemen penyelenggaraan ibadah haji atau karena hal lainnya.

Menurutnya, pemberitaan yang menyebutkan bahwa tragedi Mina terjadi karena putra mahkota lewat itu tidak benar. Pemerintah Arab Saudi telah memisahkan jalur bagi jamaah dan tamu VIP. Sehingga putra mahkota tidak mungkin melalui jalan yang sama dengan yang dilalui jamaah haji.

Dia juga membantah adanya pemberitaan yang menyebutkan bahwa tragedi terjadi karena adanya gas beracun. Ia mengatakan, pemberitaan tersebut hanya bertujuan untuk mendiskreditkan pemerintah Arab Saudi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement