Selasa 29 Sep 2015 22:46 WIB

Warga Jambi Kesal Listrik Sering Padam

Tampak sebuah toko tengah mengalami pemadaman listrik (ilustrasi).
Foto: ardinbali.org
Tampak sebuah toko tengah mengalami pemadaman listrik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Warga Kota Jambi yang juga pelanggan PLN menyatakan kesal karena energi listrik yang dialiri PLN dalam sepekan terakhir sering padam. Salah satu pelanggan PLN di Kota Jambi, Sriani mengatakan listrik padam biasa satu minggu sekali. Tapi sejak dua pekan ini sering padam. Listrik padam tidak hanya siang tapi juga malam hari.

"Belakangan ini mati lampu terjadi hampir setiap hari. Bahkan pada siang hari, sore hari, dan malam hari. Mati lampu rata-rata lamanya tiga jam," kata Sriani, Selasa (29/9).

Listrik padam kata Sriani tentu saja menggangu aktivitas di rumahnya. Apalagi ketika listrik padam air PDAM pun ikut mati. Akibatnya kegiatan mencuci, mensetrika dan memasak nasi pun terhambat.

Warga Kabupaten Muarojambi, Ana, juga mengakui hal yang sama, dalam sehari lampu PLN pasti mati sampai tiga jam. "Matinya lama hampir tiga jam, kadang sore habis waktu Isya' baru hidup lagi. Terkadang pagi hari dan siang baru hidup. Yang jelas tiap hari lampu PLN sekarang sering padam," kata Ana.

Manajer PT PLN Area Jambi, Selamat mengatakan, saat ini memang ada pemadaman listrik bergilir. Hal itu disebabkan oleh kondisi beberapa pembangkit di kawasan Sumbagselteng rusak. Sehingga, ada pengurangan daya di masing-masing provinsi tersebut.

"Ini tidak hanya di Jambi saja, tapi di Riau, Bengkulu, Sumbar, dan Palembang juga seperti itu. Ada pemadaman bergilir," kata Selamat.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sumatera Barat saat ini sedang kekurangan debit air karena musim kemarau. Sementara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) juga rusak akibat kabut asap. Asisten Manager Jaringan PT PLN Area Jambi, Khairul Lingga mengatakan, ada 13 pembangkit yang saat ini tengah rusak. Tiga diantaranya berada di Jambi. Yakni dua pembangkit di Payo Selincah Kota Jambi dan satu di Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi.

"Kalau di Jambi PLTG rusak karena kabut asap. Kan kabut itu mengendap di alat, sehingga harus dibersihkan," kata Lingga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement