Selasa 29 Sep 2015 09:16 WIB

Jamaah Haji Asal Jayapura Dikabarkan Wafat di Mina

Jamaah dalam ritual prosesi haji di Mina.
Foto: Reuters
Jamaah dalam ritual prosesi haji di Mina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Seorang anggota jamaah haji dari Kota Jayapura, Papua, dikabarkan wafat dalam prosesi lempar jumrah di Mina, Arab Saudi, pada Kamis (24/9) pagi. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Jayapura, Syamsuddin, di Jayapura, Selasa (29/9), mengatakan hingga kini pihaknya masih mencari tahu kebenaran tentang kabar wafatnya seorang anggota jamaah haji dari Jayapura dalam kejadian di Mina, Arab Saudi, Kamis (24/9).

"Sudah dapat kabar terkait salah satu jamaah kami wafat, akan tetapi kami masih berupaya melakukan konfirmasi kebenarannya di ketua kelompok terbang (kloter) yang ada, tapi belum tersambung," katanya.

Menurut dia, kabar tewasnya seorang anggota jamaah haji dari Jayapura juga menjadi perhatian pihak Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua. Hal serupa juga disampaikan Kepala Bidang Haji dan Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Alwi Tianlean. Alwi mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengecekan dan memastikan kebenaran tersebut.

"Kami akan kroscek dulu kebenarannya, kami akan hubungi lagi menunggu konfirmasi dari ketua kloter yang ada," ujarnya.

Lanjut dia, sementara terkait jadwal kepulangan jamaah haji Kota Jayapura yang tergabung dalam kloter 06 Embarkasi Makassar, diperkirakan akan datang pada pada 6 Oktober 2015. Selanjutnya, Jamaah haji Papua lainnya yang tergabung dalam kloter 9 akan datang pada 10 Oktober 2015.

"Mudahan saja tidak ada pegeseran atau penundaan jadwal dan itu sangat tergantung dengan kondisi di Arab Saudi pada saat kepulangan, jika ada keterlambatan yang mengakibatkan mundurnya kedatangan di Embarkasi masing-masing," ujarnya.

Alwi menambahkan, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggaraaan Ibadah Haji (PPIH) di kabupaten/kota terkait pemulangan Jamaah Haji ke daerah masing-masing.

"Kami berikan semua tanggung jawab ini kepada PPIH kabupaten/Kota jayapura apakah mereka berangkat langsung ataupun masih mau bermalam dulu, setelah penyerahan Jamaah Haji dari provinsi ke PPIH kota/kabupaten yang ada," ujarnya.

Sebanyak 341 dari 350 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Jayapura berangkat pada 28 September 2015 untuk menunaikan haji bergabung dengan ribuan Jamaah haji dari seluruh dunia di Mekkah, Arab Saudi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement