Sabtu 26 Sep 2015 10:19 WIB

Ada 225 Jamaah Indonesia Hilang, Ini Sikap Fahri Hamzah

Ribuan jamaah yang menjalani proses lempar jumrah di Mina.
Foto: Reuters
Ribuan jamaah yang menjalani proses lempar jumrah di Mina.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Ketua Tim Pengawas Haji DPR Fahri Hamzah mengungkap, sebanyak 225 jamaah haji Indonesia masih belum kembali ke rombongan usai insiden Mina yang mengakibatkan korban sebanyak 700 lebih jiwa tersebud pada Kamis (254/9). "Mari kita fokus mencari 225 saudara kita Yg masih belum kembali dan terdata...#TragediMina," ujarnya melalui akun Twitter, @Fahrihamzah.

Menurut Fahri, bisa jadi ratusan jamaah Indonesia yang hilang tersebut termasuk menjadi korban 717 jamaah haji yang wafat atau yang sedang dirawat di rumah sakit Mina dan Makkah. "Angka itu sangat mungkin berada dalam yang 717 Yg wafat atau 853 Yg dirawat," ujarnya. "Karena Saudi belum mengungkap yang hilang. Entah berapa semuanya."

Politikus PKS tersebut mengajak masyarakat untuk ikut merasakan kepedihan keluarga korban yang ditinggalkan. Pasalnya, hingga kini masih banyak keberadaan jamaah haji Indonesia yang belum ditemukan.

"Tapi tahukah kita arti nyawa manusia? Dalam agama, jika saty saja nyawa melayang tanpa alasan sama dengan hilangnya semua nyawa. Dan ini adalah hilangnya ratusan atau ribuan nyawa. Mari kita berempati kepada keluarga korban."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement