Senin 21 Sep 2015 16:44 WIB
Gayus Tambunan Keluar Penjara

Dirjen Pas: Gayus Keluar Lapas untuk Sidang Cerai

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bilal Ramadhan
 Warga binaan terkait tindak pidana korupsi mafia pajak, Gayus Tambunan, usai salat Idul Fitri 1435 H di Lapas Klas 1 Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Senin (28/7).  (foto: Septianjar Muharam)
Warga binaan terkait tindak pidana korupsi mafia pajak, Gayus Tambunan, usai salat Idul Fitri 1435 H di Lapas Klas 1 Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Senin (28/7). (foto: Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmiantha Dusak mengaku, Gayus Tambunan pernah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin pada 9 September 2015. Gayus keluar tahanan untuk menghadiri sidang perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Utara.

"Memang dia keluar tanggal 9 September, ada gugatan cerai dari isterinya di Pengadilan Agama Jakarta Utara," kata Wayan saat dikonfirmasi, Senin (21/9).

Wayan mengatakan, tim dari Ditjen Pemasyarakatan sedang menyelidiki foto mirip Gayus yang sedang berada di sebuah restoran dengan dua orang perempuan. Restoran yang sedang ditempati terpidana penggelapan pajak beberapa perusahaan itu, kata dia, saat ini masih akan dipastikan lokasinya.

"Bisa saja di pengadilan kan ada restoran, tapi kalau di luar dari itu berarti ada yang salah," ujar dia.

Wayan memastikan akan memberikan sanksi kepada Gayus jika terbukti keluar dari tahanan di luar izin yang diberikan. Menurutnya, hal itu merupakan menyalahgunakan kepercayaan yang telah diberikan. Bahkan, kata Wayan, Gayus kemungkinan akan diisolasi di tempat khusus.

"Ya tadi kita sudah tanya Pak Menteri (Yasonna Laoly), usul isolasi aja," kata Wayan.

Wayan menambahkan, semua pihak yang terlibat dalam pelanggaran akan dikenai sanksi, tak terkecuali anak buahnya jika memang terbukti. Saat ini, tim dari Ditjen Pemasyarakatan sedang melakukan penyelidikan dan investigasi foto mirip Gayus tersebut.

"Pasti kita kenakan sanksi kepada siapapun yang bersalah, kalau anak buah kami, kami yang menghukumnya," ujar dia.

Sebelumnya, dalam foto yang beredar, sosok mirip Gayus memakai kaos biru, celana jeans dan topi biru serta memakai jam tangan. Foto itu diunggah oleh salah satu pengguna akun jejaring sosial.

"Ada yang tahu Gayus Tambunan di mana? Konon sih divonis 30 tahun penjara. Last seen 9 Mei 2015 di sebuah bilangan resto di Jakarta sedang haha-hihi," tulis akun Baskoro Endrawan di akun Facebook miliknya.

Gayus sebelumnya juga menghebohkan publik ketika fotonya beredar. Dalam foto tersebut, Gayus mengenakan wig ada di jajaran penonton tenis Commonwealth Bank Tournament of Champions 2010 yang digelar di Nusa Dua, Bali. Saat itu, Gayus seharusnya berada di dalam penjara karena sedang menjalani masa pidana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement