Ahad 20 Sep 2015 14:18 WIB

H-4 Jumlah Hewan Kurban Jakarta Masih Jauh dari Tahun Lalu

Rep: C26/ Red: Didi Purwadi
Petugas Suku Dinas Pertanian dan Peternakan Jakarta Pusat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di kawasan Tanah Abang, Kamis (10/9).  (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Petugas Suku Dinas Pertanian dan Peternakan Jakarta Pusat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di kawasan Tanah Abang, Kamis (10/9). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga H-4 Idul Adha, Pemprov DKI sudah mendata jumlah hewan yang akan dikurbankan di seluruh wilayah Ibu Kota. Namun, jumlah ini masih akan terus bertambah hingga hari-H.

Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Darjamuni menyebut, sudah ribuan sapi serta kambing yang terdata oleh Pemprov DKI.

"Sampai kemarin kita sudah catat 16 ribu sapi dan 28 ribu lebih kambing yang sudah terdaftar akan dikurbankan," kata Darjamuni kepada Republika.co.id, Ahad (20/9).

Menurutnya, jumlah ini masih jauh dari total keseluruhan tahun kemarin. Total data saat ini masih sekitar 50 persen dari tahun lalu.

Tahun sebelumnya pihaknya mencatat ada 23.313 sapi dan 76.000 kambing yang dikurbankan di seluruh Jakarta. Ia yakin makin mendekati hari raya jumlahnya akan terus bertambah.

Dari jumlah tersebut, ujarnya, hewan kurban yang dipotong di RPH masih berkisar ribuan. Ini datang dari kantor-kantor besar yang juga mendatangkan hewan kurban dalam jumlah besar.

Untuk tahun ini, ia mengaku belum bisa menyebutkan jumlah yang dipotong di RPH karena data belum lengkap. "Kebanyakan mereka dekat-dekat hari H mulai kasih ke RPH," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement