Kamis 17 Sep 2015 18:55 WIB

JK: Indonesia Siap Kirim Pasukan Pembebasan Sandera

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Angga Indrawan
 Personel TNI berjaga di wilayah perbatasan Indonesia dan Papua Nugini di Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Kamis (17/9).  (Republika/Prayogi)
Foto: Republika/Prayogi
Personel TNI berjaga di wilayah perbatasan Indonesia dan Papua Nugini di Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Kamis (17/9). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan pemerintah Indonesia siap mengirimkan pasukan untuk membantu membebaskan dua WNI yang disandera oleh kelompok bersenjata di Papua Nugini. 

"(Kirim pasukan) Kalau dibutuhkan, itu pasti Indonesia pasti akan itu. Bergantung pembicaraan pihak PNG," kata Kalla di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (17/9).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menyatakan pemerintah akan mengerahkan segala upaya untuk membebaskan dua WNI yang disandera orang tak dikenal di Papua Nugini. Untuk memudahkan proses pembebasan, Presiden akan meminta bantuan langsung pada Perdana Menteri Papua Nugini Peter O'Neill.

"Mungkin nanti sore saya telepon PM O'Neill," ucap Jokowi di Istana Merdeka.

Presiden menyatakan, pada prinsipnya pemerintah siap membantu upaya pembebasan dua WNI yang disandera tersebut. Pasukan yang bakal ditugaskan untuk melakukan pembebasan juga sudah siap. Namun, karena penyanderaan terjadi di luar wilayah Indonesia, pemerintah harus mendapat persetujuan dari negara yang bersangkutan.

"Intinya kita siap membantu dalam pembebasan sandera itu. Tapi, sekali lagi ini atas izin dari Papua Nugini. Kalau tidak ada izin, kita tidak bisa," kata Jokowi.

Dua WNI bernama Sudirman (28 tahun) dan Badar (20) disandera oleh orang tak dikenal di Papua Nugini sejak Rabu (9/9). Kedua WNI tersebut merupakan penebang di perusahaan penebangan kayu di Skofro, Distrik Keerom, Papua Nugini.

Kedua korban penyanderaan saat ini ditawan di Kampung Skouwtiau, salah satu kampung di perbatasan RI-Papua Nugini. Selain menyandera Sudirman dan Badar, kelompok bersenjata itu juga menembak warga sipil lainnya, yakni Kuba.

Berdasarkan informasi dari angkatan bersenjata Papua Nugini, kedua WNI yang disandera itu dalam kondisi baik. Saat ini, proses pembebasan masih berlangsung.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement