Kamis 17 Sep 2015 00:08 WIB

Cabup-Cawabup Indramayu Jalani Debat Terbuka

Rep: Lilis Handayani/ Red: Hazliansyah
Pilkada 2015
Pilkada 2015

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Indramayu menggelar debat publik/terbuka antarpasangan calon bupati dan wakil bupati Indramayu 2015, di Gedung Asrama Haji Indramayu, Rabu (16/9) sekitar pukul 20.30 WIB.

Berdasarkan pantauan, kedua pasangan calon, Anna Sophanah-Supendi (Andi) dan Toto Sucartono-Rasta Wiguna (Tora) datang ke lokasi acara dengan mengenakan pakaian berwarna putih. Kedatangan mereka disambut keriuhan dan yel-yel dari pendukung masing-masing pasangan.

Ketua KPU Indramayu, Moh Hadi Ramdlan menjelaskan, debat publik pasangan cabup cawabup itu merupakan keharusan yang diamanatkan Undang-undang. Dia berharap acara debat bukan hanya seremoni, tapi bisa dioptimalkan untuk menjadi edukasi politik bagi masyarakat.

''Dengan penyampaian visi misi pasangan calon, diharapkan masyarakat dapat lebih yakin dalam menentukan pilihannya,'' tegas Hadi.

Acara yang dimulai sekitar pukul 20.30 WIB itu dimoderatori oleh Rektor Universitas Wiralodra Indramayu, Ujang Suratno. Acara debat terbagi menjadi beberapa sesi, yakni sesi penyampaian visi misi kedua pasangan calon, sesi tanya jawab dari pasangan calon kepada pasangan calon lainnya dan ditutup dengan sesi pernyataan terakhir dari kedua pasangan calon.

Dalam sesi tanya jawab, pasangan calon memberikan pertanyaan sesuai tema yang ditentukan panitia, yang sebelumnya diambil sendiri oleh calon dalam amplop tertutup. Aturan dalam sesi itu, calon mengajukan pertanyaan selama dua menit, kemudian menjawab tiga menit, menanggapi dua menit dan menjawab lagi tiga menit.

Berdasarkan hasil undian, pasangan Tora berkesempatan memberikan pertanyaan pertama kepada pasangan Andi dengan tema memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebangsaan serta tema selaraskan pembangunan daerah dan nasional. Sedangkan pasangan Andi memberikan pertanyaan dengan tema cara menyelesaikan persoalan daerah dan cara memajukan daerah.

Selama debat berlangsung, moderator harus berulang kali mengingatkan hadirin untuk tidak ikut berkomentar maupun membuat kegaduhan di dalam gedung. Meski sempat berlangsung memanas, namun acara yang ditutup sekitar pukul 22.30 WIB itu diakhiri dengan bersalaman dan berpelukan di antara kedua pasangan calon, kecuali Anna Sophanah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement