Selasa 15 Sep 2015 22:35 WIB

Normalisasi Sungai Cisadane Terus Berlanjut

Rep: C36/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sungai Cisadane
Foto: tkcmindonesia.com
Sungai Cisadane

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Teuku Iskandar mengatakan pihaknya akan melanjutkan normalisasi di Sungai Cisadane. Normalisasi tetap dilanjutkan hingga tahun depan.

"Normalisasi menyasar beberapa bagian tepi sungai yang longsor. Sedimen sungai juga diangkat bertahap," jelas Iskandar saat dikonfirmasi Republika, Selasa (15/9).

Saat ini, lanjut dia, langkah normalisasi sedang berlangsung. Tahun depan, pelaksanaan normalisasi tetap akan dijadikan program BBWSCC.

Selain sungai, pihaknya juga berencana memperbaiki pintu air nomor satu dan nomor 10 yang berada di Bendungan Pasar Baru.

"Perbaikan dilakukan tahun depan. Untuk tahun ini, kita selesaikan perbaikan pintu air nomor enam dan nomor lima saja," imbuhnya.

Sebagai langkah jangka panjang, BBSWCC akan melakukan kajian teknis dan mekanis di Bendungan Pasar Baru. Kajian yang dimulai pada 2016 tersebut digunakan sebagai bahan perbaikan jangka panjang bendungan.

Seperti diketahui, terjadi kerusakan pada pintu air nomor enam beberapa waktu lalu. Kerusakan berpengaruh kepada produksi air oleh dua PDAM penyuplai air bersih di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. Kerusakan telah selesai diperbaiki pada pertengahan Agustus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement