Senin 14 Sep 2015 16:30 WIB
Munas PKS

PKS: Indonesia Terancam Jadi Negara Gagal

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Ilham
Sohibul Iman
Foto: Republika/Yasin Habibi
Sohibul Iman

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, Indonesia berpotensi menjadi negara gagal pada masa depan karena tidak mampu bergerak dari level kelas menengah bawah menuju level kelas menengah ke atas. Sebelumnya, kegagalan juga diungkapkan oleh Partai Demokrat.

"Jika tidak ada kebijakan yang sifatnya riil di masyarakat, Indonesia terancam menjadi negara gagal," kata Sohibul Iman dalam Munas ke-4 PKS di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Senin, (14/9).

Menurut dia, ancaman itu disebabkan oleh pembangunan yang tidak terarah. "Struktur pembangunan Industri di Indonesia hanya berbasiskan pada sumber daya alam (SDA), bukan sumber daya manusia (SDM)," katanya. Padahal, yang paling penting adalah pembangunan SDM Indonesia.

Jika ingin keluar dari ancaman failed stated, ujar Sohibul, Indonesia harus melakukan diversifikasi tujuan negara ekspor. Saat ini, jika Cina mengalami goncangan ekonomi, ekspor Indonesia pun ikut terganggu dan berpengaruh terhadap ekonomi domestik.

Sebelumnya, juru bicara Partai Demokrat, Kastorius Sinaga, mengatakan laju perkembangan ekonomi Indonesia cukup mencemaskan. Di samping itu, daya beli masyarakat terus melemah akibat merosotnya produktivitas masyarakat. "Semua ini mengingatkan kita pada ancaman fenomena 'failed state' atau negara gagal," kata, Jumat (11/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement