Kamis 10 Sep 2015 13:59 WIB

Jokowi Minta JK Kawal Paket Kebijakan Ekonomi

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Jusuf Kalla
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Presiden Joko Widodo meminta Kalla untuk menjaga pelaksanaan paket kebijakan ekonomi. Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat menjenguk Jusuf Kalla di kediamannya.

"Ya kita jaga pelaksanaanya beliau minta bagaimana saya harus menjaga pelaksanaannya karena kan baru rencana jadi pelaksanaannya dijaga. Kan yang paling penting pelaksanaannya," kata Kalla di rumah dinasnya di Jalan Diponegoro, Jakarta, Kamis (10/9).

Ia menyanggah paket kebijakan ekonomi tersebut terlambat dikeluarkan pemerintah. Sebab, sejumlah paket kebijakan ekonomi tersebut sudah dikerjakan sejak dua bulan lalu.

"Sebenarnya itu juga bukan terlambat banyak disitu yang sudah dikerjakan sejak dua bulan lalu seperti KUR seperti dana desa. Sebenarnya sudah dikeluarkan hanya KUR nanti kita perbaiki prosesnya," jelas dia.

Kemarin, Presiden Joko Widodo mengeluarkan paket kebijakan ekonomi untuk mengatasi kondisi ekonomi yang tengah lesu. Paket kebijakan inipun diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian dalam negeri.

Untuk mengatasi permasalahan ekonomi, pemerintah perlu mendorong daya saing industri nasional, melalui deregulasi, debirokratisasi, serta penegakan hukum dan kepastian usaha. Kemudian, pemerintah juga akan mempercepat proyek strategis nasional dengan menghilangkan berbagai hambatan pelaksanaan dan penyelesaian proyek strategis nasional.

Pemerintah juga akan memperkuat peran kepala daerah untuk mempercepat pelaksanaan proyek strategis nasional. Selain itu, pemerintah berupaya meningkatkan investasi di sektor properti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement