Sabtu 05 Sep 2015 18:58 WIB

Kebakaran Terjadi di Lereng Gunung Sumbing

Gunung Sumbing
Foto: panoramio.com
Gunung Sumbing

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG  -- Kawasan hutan di lereng Gunung Sumbing, perbatasan Kabupaten Magelang, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terbakar.

Kaur Komunikasi Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Kedu Utara Herman Sutrisno di Magelang, Sabtu (5/9), mengatakan bahwa kebakaran terjadi sejak Jumat (4/9) malam di wilayah Resor Pemangku Hutan (RPH) Mangli Magelang.

"Karena embusan angin cukup kencang di kawasan gunung tersebut, api merambat ke wilayah RPH Kleseman Wonosobo," katanya.

Ia menuturkan sejumlah petugas Perhutani bersama masyarakat dan aparat telah berusaha memadamkan kebakaran tersebut secara manual dengan sistem "gepyok". "Meskipun sebagian besar api sudah bisa dipadamkan, masih ada titik-titik kecil yang belum padam," katanya.

Ia mengatakan bahwa kebakaran di Gunung Sumbing tersebut sementara menghanguskan sekitar 15--20 hektare semak belukar.

Selain Gunung Sumbing, kata dia, kebakaran juga terjadi di kawasan hutan lereng Gunung Andong, Kabupaten Magelang. "Titik api kebakaran di Gunung Andong diketahui pada Sabtu siang. Kebakaran terjadi di petak 26 G dan 26 H," katanya.

Ia menuturkan bahwa kebakaran di dua gunung tersebut belum diketahui penyebabnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement