Sabtu 29 Aug 2015 06:13 WIB

Asiknya Mengurus Klaim di Garda Center

Salah satu stand Garda Center Mal Cipinang Indah.
Foto: Republika/Satria K Yudha
Salah satu stand Garda Center Mal Cipinang Indah.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Satria K Yudha/Wartawan Republika

Kehadiran Garda Center membuat proses pengurusan klaim asuransi mobil jadi lebih menyenangkan. Pelanggan bisa mengurus klaim sambil belanja, makan di restoran, hingga menonton bioskop.

Salah satu pelanggan produk Garda Oto dari Asuransi Astra, Lusi Ambarwati (45), merasakan betul manfaat kehadiran Garda Center yang berada di Mal Cipinang Indah, Jakarta Timur. Lusi yang baru pertama kali mengurus klaim di Garda Center, merasa puas dengan adanya layanan ini.

Siang itu, Jumat (21/8), Lusi datang seorang diri mengurus klaim asuransi mobil Toyota Yaris miliknya. Kaca depan mobilnya retak lantaran tertimpa material logam dari truk yang berada di depannya saat berkendara di kawasan Taman Mini, Jakarta Timur, beberapa hari sebelumnya.

Lusi datang sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu, Garda Center yang terletak di lantai LG (lower ground) tersebut sedang ramai. Lusi langsung menyerahkan persyaratan seperti surat izin mengemudi (SIM), kartu tanda penduduk (KTP), surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan kartu polis.

Setelah itu, warga Pondok Gede tersebut melipir ke restoran sambil menunggu antrean. "Saya muter-muter dulu ya sekalian cari makan," kata Lusi kepada salah satu petugas Garda Center.

Setelah sekitar 40 menit berlalu dan tidak ada lagi antrean, seorang customer service Garda Center bernama Irma (25), menelepon Lusi. "Bu, silakan kesini sudah sepi," ucap Irma.

Lusi pun kembali sambil membawa segelas minuman cokelat dan satu tentengan belanjaan.  Ia langsung duduk di depan meja petugas surveyor menceritakan kejadian pecahnya kaca mobil miliknya. Setelah proses pengecekan berkas selesai, petugas surveyor mengajak Lusi ke parkiran melihat kondisi mobil dan memfotonya sebagai pelengkap berkas.

Semua proses itu memakan waktu tidak lebih dari setengah jam. Saat itu juga, Lusi mendapat surat perintah kerja (SPK) yang digunakan untuk perbaikan mobil di bengkel rekanan. "Enak mengurus klaim di sini (Garda Center)," kata Lusi saat berbincang dengan Republika.

Lusi mengaku baru mengetahui keberadaan Garda Center di Mal Cipinang Indah. Dia juga baru tahu bahwa Garda Center buka setiap hari mengikuti jam operasional mal. "Ternyata buka juga hari libur. Kalau tahu begitu, saya tidak perlu bolos kerja," Lusi berseloroh.

Ini merupakan kali kedua Lusi mengurus klaim asuransi mobil. Klaim pertama dilakukan pada 2013 saat spion kiri mobilnya patah tertabrak motor. Kala itu, Lusi mengurusnya di kantor pusat Asuransi Astra yang terletak di jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan. "Sekarang tidak perlu jauh-jauh. Sangat dekat dari rumah saya di Jatiwaringin," ucap Lusi.

Efektif

Garda Center terbukti efektif melayani pelanggan Garda Oto melakukan klaim dengan mudah, cepat, serta mudah dijangkau dari tempat tinggal. Sesuai dengan slogannya yakni Peace of Mind, Asuransi Astra selalu mencoba memberikan rasa ketenangan bagi pelanggan.

Petugas Surveyor Garda Center Mal Cipinang Indah, Gusli Warman (23) menceritakan, rata-rata ada 15 pelanggan yang mengurus klaim dalam sehari. Bahkan pernah mencapai 30 klaim lebih saat musim lebaran lalu. Hal Ini menunjukkan kehadiran Garda Center memang bermanfaat bagi pelanggan.

Seorang pelanggan, kata dia, akan langsung mendapat SPK apabila berkasnya lengkap dan bisa membawa mobilnya untuk dilakukan pengecekan. "Kalau semua lengkap, hari itu juga surat ke bengkel diterbitkan," ujar dia.

Garda Center tidak hanya melayani klaim. Tetapi juga melayani pembelian polis baru. Dengan tampilan segar bernuansa biru putih, Garda Center rupanya juga efektif menarik perhatian orang-orang untuk sebatas bertanya-tanya hingga mengajukan pembelian polis. "Dalam sehari, biasanya ada tiga pelanggan yang mengajukan pembelian polis," ungkap Gusli.

Garda Oto memiliki dua macam bentuk perlindungan. Yaitu comprehensive (all risk) dan total loss only (TLO). Comprehensive merupakan bentuk polis yang menjamin risiko kerugian/kerusakan sebagian maupun keseluruhan serta kehilangan. Sedangkan TLO menjamin kerugian akibat kehilangan serta kerugian atau kerusakan yang biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau melebihi 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Premi Garda Oto cukup terjangkau. Berdasarkan informasi dari Garda Center Mal Cipinang Indah, premi per tahun untuk mobil seharga Rp 170 juta, berkisar Rp 5 juta apabila memakai perlindungan comprehensive. Sedangkan TLO sekitar Rp 1,7 juta per tahun. Setiap pelanggan Garda Oto mendapatkan pelayanan ekstra seperti Garda Siaga yang menjadi layanan darurat 24 jam di tengah perjalanan.

Garda Center sudah tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Ada 17 gerai yang tersebar di Jakarta, Cikarang, Medan, Surabaya, Yogyakarta, dan Pekanbaru. Garda Center sengaja didirikan di pusat perbelanjaan agar pelanggan bisa mengurus klaim dengan waktu yang lebih fleksibel dan menyenangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement