Rabu 26 Aug 2015 13:33 WIB

Purwakarta Gelar Pilkades Tercepat

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Agus Yulianto
Pilkades
Foto: ROL
Pilkades

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Kabupaten Purwakarta, Jabar, menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Pilkades ini digadang-gadang sebagai pemilihan tercepat di Indonesia. Pasalnya, seusai penghitungan suara, para pemenang Pilkades itu langsung dilantik saat itu juga.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, Pilkades ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Saat ini, pencoblosannya hampir selesai. Tinggal menunggu penghitungan suara. Setelah penghitungan suara selesai, para pemenangnya akan langsung dilantik. "Pilkades ini, yang tercepat di Indonesia," ujar Dedi, kepada Republika Online, Rabu (26/8).

Di daerah lain, lanjut Dedi, pelaksanaan pilkades sangat lama. Dari hari pencoblosan ke pelantikan itu, membutuhkan waktu minimalnya sampai sebulan. Selain itu, harus menunggu proyek pakaian untuk pelantikannya.

Tetapi di Purwakarta, pelantikan tak perlu menggunakan seragam pada umumnya. Sebab, tak semua kepala desa mampu membeli seragam tersebut. Maka itu, saat pelantikan para kepada desa tersebut, hanya menggunakan pakaian seadanya.

Pilkades serentak ini, tersebar di 87 desa. Dengan alokasi anggaran Rp 3,5 miliar. Jadi, biaya pemilihan tersebut sudah ditanggung sama pemkab. "Kalau ada yang protes atau tidak terima, silahkan layangkan gugatan ke pengadilan," ujar Dedi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement