Selasa 25 Aug 2015 15:03 WIB

100 Penyair Terkemuka akan Semarakkan Tifa Nusantara 2

Dewan Kesenian Kabupaten Tangerang (DKKT) kembali menggelar Temu Penyair Tifa Nusantara 2 pada Kamis (27/8) hingga Sabtu (29/8) di Cikupa, Kabupaten Tangerang.
Foto: dok
Dewan Kesenian Kabupaten Tangerang (DKKT) kembali menggelar Temu Penyair Tifa Nusantara 2 pada Kamis (27/8) hingga Sabtu (29/8) di Cikupa, Kabupaten Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Sebanyak 100 penyair dari seluruh Indonesia bakal menyemarakkan  acara bertajuk “Temu Penyair Tifa Nusantara 2”. Perhelatan sastra itu akan berlangsung pada Kamis (27/8) hingga Sabtu (29/8) di Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Acara temu penyair yang akan diisi dengan pembacaan puisi, bazaar buku sastra  dan peluncuran bunga  rampai ‘Tifa Nusantara 2’ ini diselenggarakan Dewan Kesenian Kabupaten Tangerang (DKKT) untuk menyambut ulang tahun Kabupaten Tangerang Desember mendatang.

Ketua DKKT El Trip Umiuki mengatakan, Tifa Nusantara 2 ini berupa temu kangen dan temu karya. Temu Kangen mempertemukan para penyair beragam usia dalam silaturahmi yang indah.  “Kami berpesta puisi dengan sajian khas jagung bakar sambil minum kopi, juga kegiatan rekreatif seperti outbound,” ujar Trip dalam keterangannya kepada ROL, Selasa (25/8).

Menurut dia, acara yang dikemas dalam kemah di alam terbuka ini juga diisi bazaar buku sastra dan puisi, demo seni lukis dari perupa Tangerang dan diskusi  kiprah sastra daerah terutama sastra di sekolah. “Diskusi ini (-sastra daerah) menjadi  penting atas proses regenerasi sastrawan nusantara. Menjadi begitu penting lantaran miskinnya pembahasan sastra di sekolah,” ungkap Trip.

Ketua Panitia Tifa Nusantara 2, Ayu Cipta menambahkan, ada sajian kegiatan yang menarik yakni penyair yang hadir akan menuliskan mimpinya dalam bentuk puisi tentang Indonesia  masa depan. “Mimpi penyair dalam puisi nantinya dimasukan ke dalam kapsul waktu yang akan dibuka berpuluh tahun kemudian,” kata Ayu.

Ayu memastikan sejumlah nama  penyair terkenal siap meramaikan pertemuan penyair itu adalah; Mustafa Ismail penyair yang juga jurnalis. Penyair dan cerpenis Dianing Widya dan Humam Chudori dari Tangsel, Adriana Tjandradewi, Nani Tandjung (Jakarta), Arsyad Indradi, Ali Syamsudin Arsi, Anna Mariyana, Rezqie Muhammad Al Fajar Atmanegara (Kalimantan Selatan).

Dari Jawa Tengah ada penyair Kudus, Jumari HS, Bambang Eka Prasetya (Magelang), Ardi Rasyidi (Temanggung). Adapula penyair Jawa Timur seperti Ardi Susanti (Tulungagung), Suyitno Ethex (Mojokerto). Dari Jawa Barat akan tampil Budi Setyawan (Bekasi), Ayid Sutyitno (Depok), Mohammad Rois Rinaldi (Cilegon), Rini Intama (Tangerang) dan masih banyak penyair yang popular di kotanya.

Menurut Ayu,  Tifa Nusantara 2 merupakan lanjutan kegiatan serupa Tifa Nusantara 1 pada tahun 2013 lalu. Dan menjadi ajang kreatif peluncuran karya bersama berupa antologi puisi dengan keberagaman tema.  

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyambut baik kegiatan Tifa Nusantara 2. Bahkan, kata Ayu, Zaki bersedia meluncurkan buku puisi itu disela kesibukannya. Yang menarik, Bupati Zaki juga  akan memberikan anugerah sastra berupa plakat Tifa Nusantara 2 kepada penyair pilihan atas kiprahnya di dunia sastra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement