Ahad 23 Aug 2015 16:11 WIB

Amien Rais: Presiden Jokowi, KIH-KMP Itu Sudah Kuno!

Rep: Agus Raharjo/ Red: Angga Indrawan
Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menilai harus ada musyawarah nasional untuk penyelamatan Indonesia. Menurutnya, saat ini Indonesia sedang dilanda krisis ekonomi. Padahal, kata dia, ekonomi menjadi salah satu dari dua bangunan penting yang membuat Indonesia stabil selain politik.

Amien juga meminta Presiden Joko Widodo tidak hanya mengerjakan atau melakukan hal-hal yang sifatnya kecil atau remeh temeh. Misalnya, sibuk dengan memikirkan persaingan politik antara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) atau Koalisi Merah Putih (KMP).

“Jokowi Presiden, ini sudah masanya urgent, jangan berpikir remeh temeh, KIH-KMP itu sudah kuno, itu masa lalu,” kata Amien saat pidato di perayaan puncak hari ulang tahun PAN ke-17 di Bandung, Ahad (23/8).

Mantan ketua umum PAN ini meminta agar Ketua Umum PAN saat ini yang juga Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan bersedia menginisiasi dan meminta pada Jokowi agar segera melaksanakan musyawarah nasional ini. Sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, kata dia, Jokowi seharusnya mengambil inisiatif di saat kondisi Indonesia berada pada jurang kehancuran. 

"Jangan sampai di Indonesia juga muncul negara Jawa, negara Kalimantan, atau disintegrasi lainnya," tegasnya.

Bahkan, kata Amien, dirinya mengaku sudah bertemu dengan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) yang juga Ketua Umum Partai Demokrat terkait gagasan musyawarah nasional ini.

“Pak SBY bilang kapan kita bertemu membahas ini, saya tidak usah ikut tidak apa-apa, sudah ada ketua umum PAN,” tegas dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement