Rabu 19 Aug 2015 19:10 WIB

Polri Segera Tetapkan Tersangka Kasus Penimbunan Sapi

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ilham
Peternakan sapi
Foto: Teguh Indra/Republika
Peternakan sapi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Victor Edy Simanjuntak mengatakan, pekan ini penyidik fokus memeriksa sejumlah saksi terkait dugaan penimbunan sapi. Sebanyak 14 saksi telah diperiksa oleh penyidik.

"Begitu pemeriksaan saksi-saksi itu selesai, pekan depan kita akan gelar perkara untuk memutuskan status tersangka," ujar Victor, di Mabes Polri, Rabu (19/8).

Victor menjelaskan, pihak yang diperiksa sebagai saksi ialah karyawan dan pemilik feedloter yang digeledah. Kemudian, penyidik juga memeriksa Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (APFINDO). Asosiasi Pemotongan Hewan Indonesia dan pejabat Kementerian Pertanian juga diambil keterangannya.

Dalam kasus ini, penyidik menemukan dua pokok perkara, yakni penimbunan sapi dan kerja sama untuk melakukan tindak pidana. Tindak pidana terindikasi dari surat asosiasi pedagang untuk feedloter agar tidak memotong sapi. Akibatnya, kelangkaan daging terjadi di pasaran sehingga harga pun melambung tinggi.

Victor berjanji akan menuntaskan kasus tersebut. Baik terkait penimbunan sapi maupun terkait surat larangan pendistribusian daging dari asosiasi pedagang daging sapi ke feedloter. "Tapi sabar, kami harus hati-hati dalam perkara ini," kata Victor.

Sebelumnya, Dittipideksus Bareskrim Polri menggeledah dua tempat feedloter di Tangerang yang diduga terdapat penimbunan sapi siap potong. Dari dua tempat tersebut ditemukan 4.000 sapi siap potong. Namun sapi tersebut tidak dipotong oleh pemiliknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement