Selasa 18 Aug 2015 17:16 WIB

Perda Pelestarian Kebudayaan Betawi Resmi Disahkan

Rep: C26/ Red: Angga Indrawan
Ondel-ondel is traditional puppet in Betawi culture or Jakarta today (illustration).
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Ondel-ondel is traditional puppet in Betawi culture or Jakarta today (illustration).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta akhirnya mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi, Selasa (18/8). Perda ini merupakan implementasi dari Program Legislasi Daerah Tahun 2015.

Rapat paripurna juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat. Dalam rapat anggota DPRD yang hadir akhirnya sepakat menyetujui menjadi Perda yang berlandaskan hukum.

Anggota Badan Legislasi Daerah DPRD DKI Jakarta, Hamidi mengatakan kebudayaan Betawi merupakan modal dasar atau aset yang sangat penting guna mengembangkan prospek wisata. Untuk itu, Perda tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi ini menjadi landasan hukum untuk melestarikan kekhasan Jakarta.

"Hadirnya Peraturan Daerah tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi diyakini akan mampu menjaga dan melestarikan Kebudayaan Betawi," kata Hamidi di Gedung DPRD, Jakarta Pusat, Selasa (18/8).

Ia menyebut DPRD telah melalui sejumlah mekanisme pembahasan untuk mengesahkan perda tersebut. Hal ini sudah diseduaikan dengan implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah serta Perda Nomor 2 Tahun 2010 tentang Pembentukan Peraturan Daerah sebagaimana yang telah diubah dengan Perda Nomor 10 Tahun 2013 serta Surat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 671/-075.61.

Menurutnya, Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia memiliki keberagaman suku bangsa dan budaya. Nilai budaya daerah merupakan unsur penting menjadi rangkaian kebudayaan nasional yang harus diberikan kepastian hukum untuk menjaganya.

"Oleh karenanya memang diperlukan suatu regulasi yang mampu melindungi, menjaga sekaligus melestarikannya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement