Selasa 18 Aug 2015 00:59 WIB

Luar Biasa! Bandung Miliki Monumen Penunjuk Arah ke Lima Benua

Rep: c 01/ Red: Indah Wulandari
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
Foto: Antara
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Kota Bandung kini memiliki Monumen Wayfinder yang menjadi penunjuk arah ke lima benua di seluruh dunia.

Monumen Wayfinder ini terdiri dari lima monumen yang mewakili masing-masing benua dan memiliki ujung melengkung berupa panah penunjuk arah.

Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan Pemkot Bandung Arif Prasetya mengatakan, penunjuk arah Wayfinder ini merupakan hadiah yang diberikan oleh para warga Indonesia di luar negeri yang tergabung dalam kelompok diaspora.

Kelima monumen Wayfinder ini berdiri tegak di taman tematik Kota Bandung yang terhitung baru, yaitu Taman Vanda. Arif menjelaskan, masing-masing tiang menghadap ke arah benua yang berbeda, sesuai nama benua yang melekat pada tiang atau monumen penunjuk arah tersebut.

"Ini direction untuk melihat benua-benua atau kota-kota yang Diaspora itu. (Diaspora) Orang Indonesia yang belajar dan bekerja di kota-kota tersebut. Ini hadiah dari mereka," terang Arif saat dihubungi pada Senin (17/8).

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama dengan para anggota Diaspora melakukan peresmian atas didirikannya Monumen Wayfinder di Taman Vanda pada Ahad (16/8).

Kang Emil, panggilan Ridwan mengatakan, Monumen Wayfinder ini merupakan simbol dan pengingat bahwa ada orang-orang Indonesia yang saat ini sedang mengembara di seluruh penjuru dunia.

Ridwan juga sangat mengapresiasi atas dipilihnya Kota Bandung oleh Diaspora sebagai lokasi berdirinya Monumen Wayfinder. Arah dari masing-masing tiang yang mengarah ke lima benua berbeda ini, lanjut Ridwan, sudah sesuai dengan perhitungan yang akurat.

"(Meski di luar negeri) Mereka itu hatinya tetap ada di tanah air dan tetap ingin berkontribusi. Oleh karena itu, mereka datang ke Jakarta untuk konferensi dan ke Bandung untuk memberikan hadiah simbolis ini," jelas Ridwan.

Monumen Wayfinder itu sendiri terdiri dari lima tiang lebar berwarna abu-abu yang masing-masing diberikan nama benua berbeda, yaitu Eropa, Asia, Afrika, Amerika dan Australia.

Pada masing-masing tiang terdapat gambar benua beserta nama kota-kota besar di benua yang bersangkutan. Bagian atas tiang ini memiliki bentuk melengkung dengan ujung berupa mata panah yang mengarah ke titik lokasi lima benua berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement