REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kampanye Wonderful Indonesia yang digagas oleh Kementerian Pariwisata kian menembus batas teritorial di luar Indonesia. Setidaknya kampanye untuk mengajak orang datang ke Indonesia itu dapat ditemukan di berbagai negara.
Arief Yahya, menteri Pariwisata, mengaku bangga kampanye itu sudah mampu menghiasi tempat-tempat publik yang ada di berbagai negara.
''Jangan heran jika Anda pergi ke Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Cina, Australia, Jepang, Korea, Timur Tengah, Selandia Baru, Hongkong, Taiwan, India, Eropa hingga Amerika, akan berpapasan dengan branding Wonderful Indonesia. Saya rasa ini menjadi kampanye positif untuk mengajak orang ke Indonesia,'' katanya, Ahad (16/8).
Arief mengklaim strategi promosi Indonesia di luar negeri menjadi sangat penting untuk bisa memikat banyak orang. Ia juga mengklaim strategi promosi yang masif semacam ini belum pernah dilakukan sebelumnya. ''Termasuk memaksimalkan digital online dan media social agar pariwisata menjadi trending topic,'' ujarnya.
Dalam kampanye Wonderful Indonesia tersebut, Arief mengaku secara sengaja memilih sejumlah foto yang menampilkan keindahan alam Indonesia. Mulai dari pantai, langit, eksotisme bawah laut, gunung, hutan, budaya hingga segala tradisinya.
''Karena itu tour operator, bisnis pariwisata, hotel, restoran, pemandu wisata, transportasi, hiburan, event dan semua yang terkait harus sudah melakukan persiapan. Peak season akhir tahun nanti harus diantisipasi dengan baik, agar ter-handle tanpa cacat,'' pintanya.
Untuk menunjang kampanye Wonderful Indonesia tersebut, Arief mengaku pihaknya juga menyiapkan tiga pengelompokkan wilyah destinasi. ''Kita membaginya menjadi tiga great, yakni Great Bali, Great Jakarta dan Great Batam. Ketiga great ini di across dengan destinasi-destinasi nasional yang sudah disiapkan.''