Ahad 16 Aug 2015 05:19 WIB

Bio Farma akan Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Pemeriksaan kesehatan, premi kesehatan adalah salah satu upaya melindungi keluarga dari resiko kesehatan
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pemeriksaan kesehatan, premi kesehatan adalah salah satu upaya melindungi keluarga dari resiko kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT Bio Farma (Persero) akan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di Semarang, Jawa Tengah, bersamaan dengan acara "car free day" di kawasan Simpang Lima. Pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-70.

Head External Relation PT Bio Farma Edwin Pringadi menargetkan ada 750 warga Semarang dan sekitarnya yang dapat mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan vaksin flubio. Vaksin ini dikhususkan bagi penangkal beberapa jenis penyakit influenza umum, sehingga manusia yang mendapat vaksinasi ini bebas flu selama setahun. Secara umum, vaksin flubio sangat direkomendasikan untuk menangkal virus influenza tipe A/Kalifornia (H1N1), tipe B/Viktoria (H3N2), dan tipe C/Brisbane.

Bio Farma menyatakan, vaksin flubio terbukti aman bagi penderita pernafasan kronis, personel kesehatan yang tiap saat bersinggungan dengan unsur patogen, kalangan manula, dan manusia yang tinggal di iklim bermusim empat. Meski demikian, ada juga kalangan manusia yang disarankan tidak menerima suntikan vaksin flu bio, di antaranya yang memiliki alergi pada vaksin flu, pengidap sindrom Guillere-Barre, balita di bawah enam bulan, orang yang sedang demam, dan ibu hamil.

Sementara itu, kegiatan lain yang juga akan dilakukan oleh Bio Farma pada peringatan HUT RI ke-70 tersebut yaitu pemilihan duta kesehatan. Untuk pemilihan ini, ada beberapa SMA di Jateng yang dilibatkan yaitu Kota Solo ada SMAN 3 dan Yayasan Batik, Kota Semarang SMAN 1 dan SMKN 7, Kabupaten Pati SMAN 1 dan 2, Kota Tegal SMAN 3 dan 4, di Purwokerto ada SMAN 1 dan 2.

"Kami meminta pihak sekolah mengajukan tiga siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi yang kami lakukan dari tanggal 13-15 Agustus, selanjutnya dari wawancara yang kami lakukan akan terpilih satu siswa yang nanti pada tanggal 16 Agustus mengikuti malam final di Semarang," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement