Jumat 14 Aug 2015 14:54 WIB

Pidato Kenegaraan, Jokowi Tegaskan Dukungan untuk Palestina

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
 Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan saat Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan saat Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dukungan pemerintah Indonesia pada Palestina dalam pidato kenegaraannya dalam sidang bersama DPR dan DPD RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (14/8). Dukungan itu, kata Jokowi, akan terus diberikan sampai Palestina meraih kemerdekaan yang menjadi haknya.

"Indonesia terus mendukung kemerdekaan Palestina dari penjajahan dan kedzaliman," kata Presiden dalam forum yang dihadiri para mantan presiden, wakil presiden serta duta besar negara-negara sahabat.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyerukan agar negara-negara Muslim di Timur Tengah menghentikan perang dan berdamai demi kepentingan ukhuwah Islamiyah.

Dalam hubungan internasional, Presiden menegaskan bahwa Indonesia tetap memegang prinsip dasar politik luar negeri yang bebas aktif. Prinsip ini menuntut Indonesia menentukan kebijakan politik luar negeri secara bebas, mandiri, dan tanpa beban aliansi.

Sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945, sambung Jokowi, Indonesia juga akan terus berkontribusi mewujudkan perdamaian dunia dengan mengambil peran sebagai penengah konflik.

"Indonesia akan terus berkontribusi dan berperan dalam menciptakan keamanan di Asia Tenggara, serta memberikan kepemimpinan di Samudra Hindia, di mana Indonesia akan menjadi pemimpin Indian Ocean Rim Association pada 2015-2017," kata Presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement