Kamis 13 Aug 2015 11:43 WIB

Demiz Resmikan Koperasi Seniman Pertama di Indonesia

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.
Foto: Antara/Fahrul Jayadiputra
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemprov Jabar, meresmikan koperasi seniman (Kreasi) berskala nasional pertama di Indonesia. Koperasi ini, mendapatkan legalitas dari Pemprov Jawa Barat.

Penyerahan akta legalitas Kreasi yang dihadiri perwakilan seniman, aktor dan aktris seniman, penggiat teater ini diberikan oleh Wagub Jabar Deddy Mizwar di Menara Gedung Sate, Bandung, Rabu petang (12/8).

"Ini koperasi seniman pertama di Indonesia," ujar Deddy yang akrab disapa Demiz kepada wartawan.

Demiz mengatakan, karena anggotanya seniman dari Jabar, Jakarta dan Banten jadi masuknya koperasi skala nasional. Sejak awal pendirian koperasi ini, disokong penuh pihaknya dari mulai pembiayaan hingga akta legalitasnya. Namun untuk SIUP dan NPWP akan dilakukan para pengurus yang diketuai Boy Kombayana.

Deddy mengaku, ide pendirian koperasi ini sudah didengungkan dirinya sejak dua tahun lalu. Ide ini, gayung bersambut karena sedikitnya 50 seniman lintas bidang berkomunikasi untuk sepakat membentuk Kreasi.

Menurutnya pendirian koperasi akan menjadi jalan bagaimana para seniman bisa mensejahterakan dirinya. Juga, bisa bersinergi agar berkreasi bersama untuk menjalankan bentuk badan usahanya ke depan.

"Selama ini hanya individu-individu, tapi tidak semua orang punya akses yang sama. Sekarang dengan koperasi berbagai akses bisa terbuka," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement