Selasa 04 Aug 2015 20:35 WIB

Belasan Kendaraan di Sukabumi tak Lolos Uji Emisi Gas Buang

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok melakukan uji emisi kendaraan bermotor di depan Margo City Depok, Jawa Barat, Rabu (25/3).  (foto : MgROL_34)
Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok melakukan uji emisi kendaraan bermotor di depan Margo City Depok, Jawa Barat, Rabu (25/3). (foto : MgROL_34)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Ratusan kendaraan menjalani uji emisi gas buang yang dilakukan di depan Balai Kota Sukabumi Selasa (4/8). Hasilnya, belasan kendaraan tidak lolos uji emisi gas buang karena melebihi ambang batas yang ditetapkan.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Sukabumi, Adil Budiman menerangkan, jumlah kendaraan yang melakukan pemeriksaan yakni sebanyak 325 unit. "Sekitar lima persennya dinyatakan tidak lolos uji emisi gas buang," ucapnya kepada wartawan.

Pasalnya, ujar Adil, para pemilik kendaraan tersebut tidak melakukan perawatan kendaraannya secara rutin. Dampaknya, gas buang yang dikeluarkan kendaraan melebihi ambang batas yang ditetapkan.

Adil mengungkapkan, umur kendaraan yang tidak lolos uji emisi rata-rata dari 2007 ke bawah. Namun, ada juga kendaraan yang keluara 2012. Menurut Adil, pemeriksaan uji emisi ini dilakukan untuk semua kendaraan termasuk mobil dinas milik Pemkot Sukabumi.

Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari hingga Kamis (6/8) mendatang. Titik pelaksanaan uji emisi di Balai Kota dan depan Alun-Alun Kota Sukabumi.

"Targetnya, sekitar seribu kendaraan akan kita uji emisi gas buangnya," ujar Adil. Pada 2014 lalu, jumlah kendaraan yang menjalani uji emisi mencapai sebanyak 1.300 unit kendaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement