Selasa 04 Aug 2015 20:12 WIB

Pemkot Depok Kampanyekan Makan Ikan ke Masyarakat

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Ikan segar/ilustrasi
Foto: ralphsfreshfishmongers.com
Ikan segar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Masih rendahnya rata-rata tingkat konsumsi ikan di masyarakat cukup memprihatinkan, mengingat sebagai sumber pangan, ikan mengandung banyak kandungan gizi esensial yang sangat bermanfaat. Atas dasar tersebut, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan.

Kepala Seksi Bina Usaha dan Penyuluhan Distankan Pemkot Depok, Agus Tri Yuwono menjelaskan, beberapa program telah dilaksanakan Distankan dalam upaya pemahaman terhadap manfaat mengonsumsi ikan kepada masyarakat. Distankan memiliki dua program rutin yang dilaksanakan terkait dengan ikan, yaitu Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) yang ditujukan kepada siswa-siswi sekolah dasar, serta program bazar pangan yang terbuat dari bahan ikan, baik dalam bentuk olahan ataupun bentuk ikan secara langsung.

"Gemarikan sengaja ditujukan untuk anak usia dini, sebagai penanaman kepada mereka manfaat baiknya mengonsumsi ikan," jelas Tri saat ditemui di acara lomba masak serba ikan tingkat Kota Depok serta sosialisasi keamanan pangan dan kualitas anak bangsa di Balai Kota Depok, Selasa (3/8).

Terkait bazar ikan, Tri mengatakan minimal dalam satu tahun, satu kali bazar tersebut diadakan sesuai dengan instruksi dari Dirjen P2HP Kementerian Kelautan. Dalam bazar ini, Distankan mengundang UMKM Kota Depok yang memproduksi makanan menggunakan bahan makanan ikan. 

Selain itu, kegiatan bazar merupakan ajang untuk mempromosikan hasil pengolahan ikan oleh Poklasar (kelompok pengolah dan pemasar ikan) Kota Depok yang selama ini sudah mendapat pelatihan dan pembinaan oleh Distankan. Poklasar sendiri saat ini sudah ada 10 kelompok dan tersebar di beberapa daerah yang memiliki potensi ternak ikan, seperti Sawangan dan Bojongari.

"Kami berikan pelatihan pengolahan, kemudian mereka mempraktekan hasil pengolahan itu dan selanjutnya kita fasilatasi dengan bazar," terang Tri.

Dikatakan Tri, setiap ekor ikan mengandung berbagai macam mineral yang diperlukan oleh tubuh, seperti iodium, seng, kalium, kalsium, vitamin, protein, dan asam lemak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan serta membantu perkembangan otak dan kecerdasan anak. Sementara itu, kandungan omega tiga pada ikan dan hasil laut lainnya, seperti tiram, udang, cumi melebihi 100 mg per 100 gram berat ikan yang dapat dimakan, jauh di atas bahan pangan lain, seperti sapi 22 mg per 100 gram BDD, ayam 19 mg per 100 gram BDD, terlebih lagi babi 0 mg per 100 gram BDD.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement