Selasa 04 Aug 2015 17:22 WIB

Gusdurian Peringati Hari Lahir Gus Dur

alm KH Abdurrahman Wahid
alm KH Abdurrahman Wahid

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Keluarga besar almarhum KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur dan para pecinta almarhum (Gusdurian) memperingati hari lahir Presiden ke-4 RI tersebut yang ke 75 tahun pada 4 Agustus.

Putri alhamarhum Gus Dur yaitu Alisa Wahid mengatakan peringatan tersebut sengaja dilakukan. Kegiatan ini juga dilakukan dengan sederhana karena hal itu sesuai dengan ajaran Gus Dur yang selalu berperilaku sederhana.

"Acara ini bukan mewah, tapi semua sederhana, karena kesederhanaan, penampilan, berpikir, bertindak itu juga perilaku Gus Dur," katanya dalam kegiatan yang diselenggarakan di kampus Universitas Haysim Asy'ari di PP Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (4/8).

Ia ikut bangga sebab sampai kini ternyata ada yang terus menyuarakan serta menularkan berbagai perilaku sederhana serta pemikiran Gus Dur. Selama hidup, bentuk kesederhanaan tersebut selalu diajarkan. Gus Dur tidak memprioritaskan materi sebagai yang utama.

Ia berharap, berbagai teladan yang diajarkan Gus Dur tersebut juga bisa menjadi pegangan dan teladan bagi semua warga, termasuk para pecinta Gus Dur.

Ia juga berharap, apa yang diwariskan Gus Dur tersebut juga menjadi landasan utama bagi warga nahdliyin untuk meneruskan perjuangannya demi mengembangkan Nahdlatul Ulama.

Sementara itu, istri almarhum Gus Dur yaitu Sinta Nuriyah mengaku sangat terharu dengan kegiatan ini. Walaupun Gus Dur sudah wafat, masih banyak yang meneladani pemikiran beliau dan mencintainya. Bahkan, sudah wafat pun, hari lahir masih diperingati.

"Jika Gus Dur masih hidup maka saat ini berusia 75 tahun. Gus Dur secara fisik tidak ada. Tidak hanya meninggalkan istri, anak, cucu, tapi semuanya," tuturnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement