Senin 03 Aug 2015 23:15 WIB

Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Dibuka Kembali

REPUBLIKA.CO.ID, PASURUAN -- Kegiatan pendakian Gunung Arjuno-Welirang dibuka kembali setelah kawasan di Blok Cemoro Lawang, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, terbakar pada Jumat (17/7) dengan dugaan adanya unsur kesengajaan dari faktor manusia.

"Kami sudah membuka kembali kegiatan pendakian Gunung Arjuno-Welirang mulai hari ini karena kami sudah memastikan bahwa tidak ada lagi puing-puing yang masih terbakar dan sudah dinyatakan aman," kata Kepala Koordinator Lapangan Pengamanan Dinas Kehutanan Jawa Timur UPT Tahura R. Soerjo, Iwan Harwiyanto, di Pasuruan, Senin.

Ia mengatakan, terbakarnya kawasan pendakian Gunung Arjuno-Welirang karena diduga didasari pekerjaan warga sekitar yang masih membuat arang dengan membakar tanaman cemara gunung, semak-semak, dan alang-alang sebagai bahan pembuatan arang yang telah menyebabkan 55 hektare kawasan lereng Gunung Arjuno terbakar.

"Kemungkinan penyebab terbakarnya kawasan Gunung Arjuno-Welirang karena masih adanya warga yang membuat arang di kawasan lereng gunung, meskipun kami telah menyosialisasikan kepada warga tentang bahaya pembuatan arang di lereng gunung. Sehingga kami memberdayakan masyarakat dengan sistem pengamanan di setiap desa," tuturnya.

Menurut dia, terbakarnya hutan di kawasan Arjuno-Welirang beberapa waktu lalu, membuat pengelola menutup sementara jalur pendakian, sehingga pihaknya menonaktifkan semua kegiatan yang ada di kawasan Arjuno-Welirang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement