Senin 03 Aug 2015 16:08 WIB

Cina Serius Tindak Lanjuti Proyek Kereta Cepat di Indonesia

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Bayu Hermawan
Kereta Cepat (ilustrasi)
Foto: Republika/willy
Kereta Cepat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno bertemu dengan Duta Besar Cina untuk Indonesia Xie Feng, di Kantor Kementerian BUMN di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (3/8).

Staf Khusus Menteri BUMN Sahala Lumban Gaol mengatakan, pertemuan tersebut untuk membahas sejumlah rencana investasi Cina di Indonesia, dimana salah satunya adalah rencana kerjasama pembangunan Kereta Cepat atau High Speed Train (HST) tahap pertama rute Jakarta-Bandung antara konsorsium BUMN Indonesia dan BUMN Cina.

"Begini, dulu kan sudah ada MoU soal rencana investasi Cina ke Indonesia," ujarnya.

Dalam pertemuan itu, ia mengatakan untuk menindaklanjuti ketertarikan Cina terhadap sejumlah proyek di Indonesia salah satunya soal kereta cepat. Menurutnya, saat ini Cina tampak serius untuk menindaklanjuti kerjasama dengan Indonesia.

Hal itu terlihat dari adanya pembicaraan strategis dan bisnis antara kedua negara terkait realisasi rencana ketertarikan invesatasi Cina di dalam negeri.

"Sekarang itu sudah tahap review project. BUMN kedua negara sudah diskusi, Keinginan kita tahun ini ada beberaapa yang dipercepat," katanya.

Untuk merealisasikan kerjasama tersebut, ia mengatakan dalam waktu dekat, Menteri BUMN Cina akan berkunjung ke Indonesia.

"Kemungkinan nanti ada menteri dari Tiongkok (datang) dan akan koordinasi lebih lanjut," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement