Sabtu 01 Aug 2015 04:52 WIB

BNPB Siapkan Rp 75 Miliar Tanggulangi El Nino

Dampak El Nino (ilustrasi)
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Dampak El Nino (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Maritim Indroyono Soesilo mengungkapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyiapkan anggaran Rp75 miliar untuk mengantisipasi kebakaran hutan karena dampak El Nino.

"BNPB siapkan Rp75 miliar untuk antisipasi ini," kata Indroyono, Jumat (31/7).

Indroyono mengatakan dipredeksikan dari Badan Oseanografi dan Atmosfer AS, Badan Jepang, Meteorologi Australian dan BMKG menyatakan El Nino menguat dari Agustus hingga Oktober-November tahun ini.

Dia mengungkapkan bahwa dampak El Nino akan menyebabkan kemarau panjang, gagal panen, kebakaran hutan dan lahan, kelangkaan air, namun di beberapa tempat ikan justru melimpah.

Untuk menanggulangi kebakaran hutan ini, kata Indroyono, akan melakukan berbagai cara, seperti kegiatan pembuangan air dari udara, mengundang partisipasi internasional untuk mengadakan upaya penanggulangan kebakaran hutan. Dan juga upaya penindakan.

"Sekiranya dibutuhkan, TNI akan melakukan pemadaman dengan hercules dan helikopter daan juga pembuatan sistem kimia," kata Indroyoo.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya mengatakan dampak El Nino akan menyebabkan kekeringan air sehingga perlu dicoba cara lain untuk menanggulangi kebakaran hutan.

"Uji coba dengan kimia, jadi 'absorben' (menghisap) oksigen dan ini bisa dilakukan dengan dukungan TNI melalui Pindad. Memang harus diuji coba dulu," katanya.

Siti mengungkapkan bahwa penanggulangan dengan kimia ini dilakukan dengan ditembakan dan Pindad telah mendatangkan amunisi dari Rusia.

"Jadi uji coba dulu, kalau bagus akan di buat di Bandung," ungkapnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement