Rabu 29 Jul 2015 20:03 WIB

Kebakaran Hanguskan 40 Rumah di Palembang

Rep: Maspriel Aries/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kebakaran
Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kebakaran melanda puluhan rumah di di Kelurahan 3-4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, Palembang, Rabu (27/9). Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut,  namun puluhan keluarga terpaksa mengungsi karena tempat tinggalnya hangus terbakar.

Kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk di Lorong Firma Haji Aqil, Kelurahan 3-4 Ulu. Terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.  Api dengan cepat menghanguskan rumah warga yang sebagian besar terbuat dari kayu.

     

Kapolsek SU I Kompol Suhardiman yang mendatangi lokasi kebakaran mengatakan belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut. Pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium Kepolisian Daerah Sumatra Selatan.

Menurut informasi sementara, lanjut Suhardiman, kebakaran di pemukiman tak jauh dari tepi sungai Musi itu menghanguskan sekitar 40 rumah warga. Warga sempat berupaya memadamkan api dengan menyiramkan  air ke rumah terbakar menggunakan peralatan seadanya.

Kebakaran dapat dipadamkan petugas pemadam kebakaran dari Dinas Penyelamatan dan Pemadaman Kebakaran Kota Palembang setelah berlangsung selama 40 menit.

Menurut warga, mereka tidak tahu asal sumber api. Beberapa warga tiba-tiba saja api sudah membesar yang berasal dari rumah seorang warga yang tak jauh dari tepi sungai.

“Melihat api yang sudah membesar, warga langsung berteriak kebakaran, kami langsung menyelamatkan barang-barang yang bisa diselamatkan,” kata seorang warga yang rumahnya terbakar.

Sementara itu Camat SU I Nopran Hansyah Kurniawan, di lokasi kebakaran, mengatakan, “pemerintah Kota Palembang akan segera membangun posko kebakaran bagi korban yang rumahnya terbakar untuk penampung sementara."

Untuk mengatasi warga yang rumahnya terbakar, menurut Nopran, Kecamatan SU I akan berkoordinasi dengan Tagana, Dinas Sosial Kota Palembang dan pihak lain untuk mendirikan tenda darurat bagi warga yang terkena musibah. “Selain posko, kita juga akan mempersiapkan kebutuhan warga,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement