Selasa 28 Jul 2015 20:13 WIB

BPPT Prediksi Hujan Akan Turun Dalam Waktu Dekat

Rep: C32/ Red: Bayu Hermawan
Salah satu kawasan yang dilanda kekeringan di Tanah Air.
Foto: Republika/Rakhmawati La'lang/ca
Salah satu kawasan yang dilanda kekeringan di Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memprediksi hujan akan mulai turun dalam waktu dekat. Turunnya hujan diharapkan bisa menghentikan kekeringan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia, khususnya di bagian Timur Indonesia.

"Minggu-minggu ini diperkirakan aka nada hujan turun karena ada signal tertentu yang sudah masuk," kata Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Hujan Buatan BPPT, Heru F Widodo kepada ROL, Selasa (28/7).

Ia menambahkan, hujan tersebut juga belum tentu akan merata dan tidak akan berlangsung lama. Menurutnya hujan akan turun beberapa hari akan tetapi hanya sebentar lalu setelahnya akan dalam kondisi keing lagi. Selain itu, untuk upaya hujan buatan ada beberapa wilayah yang mungkin akan berhasil.

"Kalau untuk yang di Sumatera masih bisa berhasil hujan buatannya karena daerah tersebut dekat ekuator jadi bisa dapatkan awan," jelasnya.

Untuk itu, ia mengatakan secara umum dalam keadaan kekeringan dalam keadaan terburuk hanya bisa mengandalkan air tanah saja. Tapi resikonya, kata dia, air di dalam tanah yang diambil terus menerus maka akan berkurang.

Diketahui, beberapa wilayah bagian Timur Indonesia diperkirakan akan menjadi wilayah yang terparah dilanda kekeringan. Wilayah tersebut seperti NTT, NTB, Bali, bahan Pulau Jawa akan juga mengalami kekeringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement