Ahad 26 Jul 2015 12:05 WIB
Muktamar NU

Ribuan Peserta Semarakkan Lari Sarung Muktamar NU

Gus Ipul
Foto: .
Gus Ipul

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ribuan peserta menyemarakkan lari dengan mengenakan sarung dalam rangka menyambut Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama (NU) di Lapangan Markas Komando Daerah Militer (Makodam) V/Brawijaya di Surabaya, Jawa Timur, Ahad (25/7).

"Ini merupakan satu dari 25 kegiatan Pra-Muktamar NU yang sifatnya olahraga sekaligus bergembira karena berlari mengenakan sarung," ujar Ketua Panitia Lokal Muktamar ke-33 Saifullah Yusuf kepada wartawan di sela kegiatan.

Sekitar 5.000 peserta mengikuti kegiatan bertajuk Sarong Fun Run tersebut, yang 1.000 peserta di antaranya berasal dari prajurit TNI Angkatan Darat dan anggota Polri.

Menurut Gus Ipul, sapaan akrabnya, lari mengenakan sarung ini selain menyehatkan badan juga membuat suasana menjadi semarak karena dilakukan dengan tidak biasa.

"Kalau biasanya lari mengenakan pakaian olahraga saja, tapi sekarang ditambah dan wajib memakai sarung. Tentu akan berbeda dari lari pada umumnya, sekaligus menjaga tradisi," katanya.

Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut juga menyampaikan bahwa sarung fungsinya bukan hanya untuk beribadah, tetapi juga bisa digunakan untuk berkegiatan sehari-hari.

"Secara tidak sadar ini bagian dari kehidupan sehari-hari, sebab sarung bisa untuk beribadah dan menjalankan aktivitas," ucap Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I tersebut.

Sementara itu, peserta yang berhasil masuk finish pertama kali bernama Zakki, pelari asal Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang menempuh jarak empat kilometer dengan catatan waktu 13,29 detik.

Pria yang sehari-harinya juga berprofesi sebagai pelari tersebut mengaku merasa tertantang lari mengenakan sarung karena berbeda dengan pada umumnya.

"Pasti berbeda larinya dengan tidak mengenakan sarung. Waktu tempuh juga relatif lebih lama. Tapi secara umum, saya senang dengan kegiatan ini," katanya.

Usai lari, ribuan peserta maupun pengunjung mendapat suguhan istimewa dari band Kotak dengan penampilan beberapa lagu hits yang dinyanyikannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement