Kamis 23 Jul 2015 03:44 WIB

3.000 Warga Pendatang Diperkirakan Penuhi Tangerang di Arus Balik

Rep: c18/ Red: Hazliansyah
Pemudik yang menggunakan angkutan bus tiba di Terminal Pulogadung, Jakarta, Selasa (21/7).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.
Pemudik yang menggunakan angkutan bus tiba di Terminal Pulogadung, Jakarta, Selasa (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sekitar 3.000 warga pendatang diperkirakan bakal tiba ke Kabupaten Tangerang dalam arus balik tahun ini. Angka tersebut didapat berdasarkan tren yang terjadi setiap tahunnya.

"Sekitar 3.000 sampai 5.000 orang akan datang mengadu nasib di Kabupaten Tangerang," terang Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang, Uyung Mulyardi, Rabu (22/7) di Tangerang.

Mereka bakal tinggal di kawasan industri seperti Cikupa, Pasar Kemis, dan Curug. Daerah Kelapa Dua juga diprediksi bakal menjadi sasaran warga pendatang.

"Karena disana banyak lapangan pekerjaan yang bervariasi," kta Uyung lagi.

Uyung mengatakan kecenderungan warga pendatang setiap tahun selalu sama. Mereka mencoba mencari pekerjaan di kawasan industri di Kabupaten Tangerang.

"Lapangan pekerjaan dan kesempatan yang ada juga relatif lebih banyak dibanding Jakarta yang kondisinya boleh dikatakan lebih 'keras'," jelas Uyung.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Tangerang, Syarifudin mengaku siap melayani warga pendatang yang mencari kerja. Perusahaan di Kabupaten Tangerang selalu menyedikan lowongan pekerjaan.

"Kita pasti layani, tapi mudah-mudahan lapangan kerjanya cukup," katanya.

Syarifudin mengatakan disnaker Kabupaten Tangerang bakal menyelenggarakan Job Fair pada Agustus mendatang. Lanjutnya, sekitar 40 perusahaan di Kabupaten Tangerang bakal membuka pintu mereka untuk menampung calon tenaga kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement