Rabu 22 Jul 2015 22:12 WIB

Jonan: Pemudik Via Pesawat Meningkat

Menhub Ignasius Jonan
Foto: antara
Menhub Ignasius Jonan

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyebutkan jumlah penumpang pada arus mudik dan balik via pesawat terbang mengalami kenaikan signifikan.

"Jumlah penumpang pada masa libur Lebaran yang menggunakan pesawat terbang tahun ini meningkat signifikan," katanya, saat meninjau kondisi arus balik Lebaran 2015 di Stasiun Tawang Semarang, Rabu (22/7).

Berdasarkan data yang diperoleh mulai H-7 sampai H+3 Lebaran, kata dia, jumlah penumpang pesawat untuk rute domestik mencapai 2.719.017 orang atau naik 9,19 persen dibanding periode sama tahun lalu. Pada periode sama tahun lalu, lanjut dia, tercatat sebanyak 2.409.088 penumpang pesawat sehingga kenaikannya memang cukup signifikan, padahal biasanya angka kenaikannya tidak sampai setinggi itu.

Untuk rute penerbangan internasional, kata dia, memang mengalami penurunan 6,48 persen dengan jumlah penumpang tahun ini 420.691 orang, sementara periode sama tahun lalu sebanyak 449.850 penumpang. "Namun, total penerbangan pada H-7 sampai H+2 Lebaran naik 5,65 persen. Ini pertama kalinya jumlah penumpang pesawat di 35 bandara yang dipantau pada operasi Lebaran lebih tinggi dari kereta api," katanya.

Ia mengatakan, kenaikan jumlah penumpang pada arus mudik dan balik Lebaran yang menggunakan pesawat terbang kemungkinan memengaruhi penurunan penumpang yang menggunakan moda transportasi kapal laut. Jumlah penumpang yang menggunakan kapal laut pada H-7 sampai H+3 Lebaran tahun ini, kata dia, mencapai 636.546 orang atau mengalami penurunan 3,93 persen dari tahun lalu sebanyak 662.599 penumpang.

"Katanya ekonomi turun, tetapi kok yang naik pesawat terbang tambah banyak ya? Ya, coba nanti nanya sama yang bilang kalau ekonomi turun. Saya kan tidak pernah bilang kalau ekonomi turun," guraunya.

Sedangkan penumpang yang menggunakan jasa kapal penyeberangan sementara ini mencapai 2.728.510 orang atau naik 5,45 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 2.587.376 orang. Pada tinjauannya di Semarang, Jonan mengunjungi sejumlah simpul transportasi, yakni Bandara Internasional Ahmad Yani, Terminal Terboyo, Stasiun Tawang, dan akan berlanjut pada Kamis (23/7) ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement