Selasa 21 Jul 2015 17:22 WIB
Mudik 2015

Antisipasi Bus Arus Balik, Terminal Pulogadung Siapkan Lima Jalur

Pemudik arus balik tiba di terminal Pulogadung.
Foto: Antara
Pemudik arus balik tiba di terminal Pulogadung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terminal Bus Pulogadung menyiapkan lima jalur untuk mengantisipasi kepadatan bus yang tiba di terminal tersebut.

"Untuk mengantisipasi kepadatan bus yang membawa penumpang arus balik di Terminal Pulogadung, kami siapkan lima jalur. Kalau hari biasa di luar arus balik Lebaran, kita hanya menyiapkan dua jalur saja. Jadi ada penambahan tiga jalur bus," ujar Kepala Terminal Bus Pulogadung, Simon Ginting di Terminal Pulogadung, Jakarta, Selasa (21/7).

Dengan adanya lima jalur bus, lanjut Simon, maka dapat melancarkan sirkulasi bus yang datang maupun keluar dari Terminal Pulogadung. "Kalau padat di jalur 1 dan 2 , maka bus yang baru datang kami arahkan untuk masuk jalur 3, 4 maupun 5 supaya tidak terjadi penumpukan," kata dia.

Selain itu, pengelola terminal juga menyiapkan tujuh personel untuk mengatur pintu masuk maupun keluar terminal dengan tujuan melancarkan arus lalu lintas. "Kita juga mengatur pintu masuk maupun keluar untuk mengatur sirkulasi bus yang tiba di Terminal Pulogadung. Kita siapkan tujuh personel dibantu dengan polantas disini. Kita sudah koordinasi terkait hal tersebut," kata dia.

Terkait pengamanan arus balik, Simon mengatakan pihaknya menyiapkan 170 personel gabungan dari Dinas Perhubungan dan Polri untuk mengamankan situasi keamanan selama arus balik Lebaran 2015. Personel gabungan tersebut terdiri atas unsur Dinas Perhubungan sebanyak 50 orang dan anggota Polri 60 orang. "Sisanya terdiri atas relawan yang ditugaskan di sini," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement