Sabtu 18 Jul 2015 01:35 WIB

Warga Jakarta Lepas Rindu Kampung Halaman Dengan Cara Ini

TMII
Foto: Indonesia.go.id
TMII

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pengunjung 'melepas kerinduan' akan kampung halaman dengan mengunjungi anjungan-anjungan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 1436 H atau 2015.

Salah seorang pengunjung, Faisal (40), yang datang bersama keluarganya mengatakan kunjungannya ke tempat wisata andalan warga Jabodetabek tersebut selain untuk bertamasya, juga untuk nostalgia dengan suasana kampung halamannya. Ia bersama istri dan anaknya mengunjungi anjungan Sumatera Barat.

"Kalau lihat Rumah Gadang ini jadi ingat kampung, mas. Kebetulan kami tidak pulang kampung, jadi ya sekalian 'refreshing' juga lah sama anak-anak," ujar Faisal, Jumat (17/7).

Khusus di Anjungan Daerah Sumatera Barat, Pengelola TMII menggelar pekan lebaran dengan tema "Serasa Pulang Kampung". Acara tersebut berlangsung mulai 17 Juli hingga 26 Juli 2015 mendatang dan dimeriahkan dengan bazar yang diikuti masyarakat Minangkabau yang berada di Jakarta.

Pada hari penutupan nanti, acara juga akan diisi seniman dari diklat di Anjungan Sumatera Barat. Pentas budaya diklat anjungan Sumatera Barat juga akan menampilkan mozaik budaya di panggung Candi Bentar pukul 16.00 WIB hingga selesai, dengan arak-arakan gendang tambui hingga pagelaran sendratari. Khusus sendratari akan bercerita kisah "Malin Kundang" dengan melibatkan lebih dari 50 orang seniman.

Pengunjung lainnya, Jeffry Timbani (43), yang mengunjungi anjungan Sulawesi Utara, juga mengungkapkan hal senada. Pria asal Manado itu mengatakan, selain mengobati rasa rindu akan kampung halaman, anak-anaknya juga bisa belajar mengenal budaya-budaya di Indonesia.

"Sedikit lepas kangen juga di sini. Anak-anak bisa senang-senang tapi sambil belajar juga kan," ujar Jeffry.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement