Jumat 17 Jul 2015 13:16 WIB
Lebaran 2015

Tol Cipali Buat Arus Mudik Bandung Lancar

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci KM 204 hingga gerbang tol Palimanan KM 188 Jalan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/7).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci KM 204 hingga gerbang tol Palimanan KM 188 Jalan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Arus mudik di Kota Bandung terpantau relatif lancar. Berdasarkan hasil pantauan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai Tol Cipali menjadi salah satu faktor kelancaran arus lalu lintas di Kota Bandung selama waktu mudik.

"(Kemacetan) Relatif jauh lebih berkurang dibandingkan tahun lalu, karena ada Tol Cipali," terang Ridwan saat ditemui di Pendopo Wali Kota pada Jumat (17/7).

Adanya Tol Cipali, lanjut Ridwan, membuat pemudik dari wilayah Jabodetabek yang menggunakan roda empat memilih untuk melalui jalur utara dengan tol tersebut. Hal itu membuat angka kedatangan dengan roda empat ke Kota Bandung relatif berkurang sehingga kemacetan pun dapat teratasi.

Sebelumnya, Ridwan didampingi oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial dan Sekda Yossi Irianto beserta kepolisian dan Dinas Perhubungan melakukan pemantauan di tiga titik di Kota Bandung. Pemantauan yang berlangsung sejak pukul 20.00 WIB pada Kamis (16/7) tersebut dilakukan di perbatasan Kota Bandung, Alun-Alun Ujung Berung, serta Terminal Cicaheum. Dari hasil pemantauan tersebut, terlihat jika tidak ada kemacetan berarti yang terjadi di perbatasan antara Kota dan Kabupaten Bandung.

Ridwan juga mengapresiasi banyaknya pihak yang terlibat untuk membuat suasana mudik dan Lebaran di Kota Bandung kondusif. Ridwan mengatakan, masyarakat umum seperti ormas dan LSM hingga rumah sakit, PMI, TNI dan Polri saling bahu-membahu dalam mempersiapkan pelayanan publik. Selain itu, aparat kewilayahan juga bergerak untuk menjaga ketertiban wilayahnya masing-masing dari aktivitas negatif yang dilakukan segelintir oknum masyarakat.

"Ada perbantuan dari Linmas untuk menutup portal-portal, supaya kejahatan di rumah kosong atau kebakaran, termasuk kegiatan-kegiatan negatif bisa diantisipasi. Jadi Insya Allah aman," tambah Ridwan.

Berkurangnya angka kemacetan pada saat mudik jelang Lebaran juga dibenarkan oleh Kapolsek Panyileukan Kompol Sumi. Sumi mengatakan pihaknya sengaja mendirikan Pospam di perbatasan kota dan kabupaten karena biasanya kemacetan terjadi di titik tersebut. Akan tetapi, hingga puncak arus mudik kemarin, tidak ada kemacetan berarti yang terjadi di wilayah tersebut. Sumi juga mengatakan hanya ada kecelakaan ringan yang terjadi sedangkan kecelakaan besar tercatat nihil.

"Kita juga terus antisipasi kemacetan sebelum masyarakat keluar beraktivitas setelah shalat Id," ungkap Sumi di Pospam Cibiru Panyileukan, perbatasan kabupaten dan Kota Bandung, pada Kamis (16/7) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement