Jumat 17 Jul 2015 08:33 WIB

JK Gelar 'Open House' di Istana Wakil Presiden

Rep: Andi Mohammad Ikhbal/ Red: Joko Sadewo
Wapres Jusuf Kalla.
Foto: @Pak_JK
Wapres Jusuf Kalla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) beserta keluarga menunaikan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (17/7) pagi. Usai Shalat Ied, JK menggelar ‘Open House’ di Istana Wakil Presiden.

Setelah Solat Ied, JK membuka pintu Istana Wapres untuk 'Open House'. Kegiatan tersebut terbagi menjadi 2 sesi. Pertama mulai pukul 09.30 - 10.30 untuk kalangan pejabat negara. Setelah itu 10.45 - 11.45 wib untuk masyarakat umum.

Acara tersebut sebenarnya berlangsung hingga pukul 15.00 WIB. Namun karena perayaan Idul Fitri jatuh pada hari Jumat, maka 'Open House' terpotong Ishoma. Kegiatan itu kembali berlangsung pukul 13.00 wib sampai selesai.

Sebelumnya JK melakukan shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.  JK memasuki shaf sekitar pukul 06.50 WIB. Wakil Kepala Negara ini mengenakan kemeja putih, jas dan peci hitam. Berbeda seperti biasanya, saat solat Ied kali ini JK terlihat memakai sarung. Ia duduk di barisan paling depan bersama sejumlah menteri kabinet kerja.

Solat Ied dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan imam Drs H Hasanudin Sinaga MA. Sementara khotibnya adalah Dr H. Malik Hamdani MA.

Lebaran di tahun pertama kabinet kerja ini, Jokowi tak menemani JK di Jakarta. Mantan Wali Kota Solo ini akan memeriahkan Idul Fitri di Aceh. Sedangkan wapres JK baru dijadwalkan ke Makassar (19/7) dan Bali (20/7).

Sejak pukul 04.00 WIB, ribuan umat Muslim mendatangi Masjid Istiqlal. Dengan adanya Wapres JK, para jamaah harus melewati pos pemeriksaan. Paspampres mengawal warga dengan scaning metal detector di sejumlah pintu masuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement