Jumat 17 Jul 2015 00:30 WIB

Polres Palembang Pajang Poster 'Wanted' Berisi 64 Pencopet

  Seorang copet tertangkap tangan dipertontonkan di depan umum.  (ilustrasi)
Foto: Antara
Seorang copet tertangkap tangan dipertontonkan di depan umum. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kepolisian Resort Kota Palembang memajang poster berukuran relatif besar berisi foto 64 pencopet di posko Lebaran Pasar 16 Ilir, Kamis, untuk memperingati warga agar waspada terhadap para residivis tersebut.

Salah seorang petugas di posko tersebut Herpansyah mengatakan polisi memajang foto ini karena pelaku sudah kerap melancarkan aksinya atau tidak jera meski sudah keluar dan masuk penjara.

"Pencopetan sering terjadi di tempat yang ramai, sementara Pasar 16 ilir ini padat sekali menjelang Lebaran. Jika hanya mengandalkan petugas maka sulit karena jumlahnya tidak sebanding, maka lebih baik masyarakat juga aktif dalam pencegahan," kata dia.

Ia mengemukakan, respon masyarakat juga terbilang baik, karena pada umumnya warga yang melintas di pos akan berhenti sejenak untuk memperhatikan foto-foto yang ada di poster. "Ini juga bisa membuat 'shock' ke pelaku, bahwa rekam jejak dan wajahnya sudah dikenali. Setidaknya sudah ada upaya pencegahan," ujar dia.

Kapolresta Palembang Kombes Pol Tjahyono Prawoto meminta warga untuk waspada karena sejatinya kota ini sangat rawan kriminal. Untuk memastikan keamanan warga, Polresta Palembang menerjunkan 400 personel beserta tiga regu penembak jitu yang khusus menyisir kawasan rawan kriminalitas.

"Ini dilakukan untuk menjaga Kamtibmas di Kota Palembang agar selama Lebaran tetap aman dan kondusif," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement