Selasa 14 Jul 2015 13:02 WIB
Mudik 2015

Pemudik Sambut Gembira Tes Urine Bagi Sopir

Tes Urine (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Tes Urine (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Sejumlah pemudik Lebaran di Terminal Induk Mamboro Palu, Sulawesi Tengah, menyambut gembira kebijakan Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat yang melakukan tes urine bagi sopir angkutan kota dalam provinsi dan angkutan kota antarprovinsi (AKDP/AKAP).

"Ini langkah yang patut mendapatkan respons positif dari masyakarat karena tujuannya adalah menghindari hal-hal yang dapat merugikan sopir maupun penumpang," kata Nitha, seorang penumpang salah satu bus AKAP tujuan Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan tes urine bagi sopir wajib dilakukan BNN guna menghindari kecelakaan dalam perjalanan yang disebabkan faktor manusia. Ada banyak kasus kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa di jalan raya gara-gara sopir mabuk minuman keras dan obat.

Hal senada juga disampaikan Junaidin, seorang penumpang bus AKAP tujuan Makassar. Ia juga menyambut positif kegiatan dimaksud sehingga perjalanan mudik aman dan lancar.

Kepala Terminal Induk Mamboro Palu Irfan Yahya membenarkan adanya tes urine bagi para sopir yang dilakukan oleh petugas BNN setempat.

"Saya sangat mendukungnya karena paling penting adalah menyangkut keselamatan penumpang mudik Lebaran," katanya.

Ia juga mengatakan H-3 dan H-2 Lebaran merupakan puncak arus mudik menggunakan bus AKAP/AKDP) untuk semua kota tujuan di dalam maupun luar wilayah Sulteng.

"Hari ini puncaknya arus mudik lewat jalur darat," kata Irfan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement