Sabtu 11 Jul 2015 14:39 WIB
Ramadhan 2015

Libur Lebaran, Sekitar 70 Ribu Wisatawan Kunjungi Taman Pintar

Rep: Yulianingsih/ Red: Indah Wulandari
Salah satu sudut Taman Pintar Yogyakarta
Foto: Republika/Prayogi
Salah satu sudut Taman Pintar Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Taman Pintar menjadi tujuan wisata alternatif di Yogyakarta selain Malioboro dan Kraton Yogyakarta.

Taman wisata edukasi ini setiap harinya dikunjungi ribuan wisatawan. Kunjungan ini diperkirakan akan naik signifikan selama libur lebaran.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Pintar Yogyakarta, Yunianto Dwisutono, kunjungan wisatawan ke obyek wisata ini diperkirakan naik 400 persen dibanding kunjungan hari biasa. Pada hari biasa, kunjungan wisatawan kesana mencapai 2.000-2.500 wisatawan per hari.

Pada libur Lebaran kunjungan wisatawan tersebut bisa mencapai 8.000-10 ribu pengunjung setiap harinya.  "Selama libur lebaran kita perkirakan bisa 50 ribu hingga 70 ribu pengunjung ke Taman Pintar," ujarnya, Sabtu (11/7).

Diakuinya, berdasarkan tahun sebelumnya peningkatan jumlah pengunjung ke obyek wisata itu mulai terjadi pada H+2 atau Ahad (19/7) dan terus berlangsung hingga Sabtu (25/7).

Pada hari H Lebaran, Taman Pintar juga akan tetap buka, namun hanya setengah hari, mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB untuk pelayanan tiket. Sedangkan pada hari berikutnya sudah buka secara normal yaitu pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

 

 Pihaknya juga tidak memberlakukan kenaikan harga tiket selama Lebaran. Beberapa persiapan yang dilakukan Taman Pintar untuk menyambut wisatawan saat libur Lebaran di antaranya tambahan wahana baru, pengecatan ulang dan pengaturan wahana.

 Selain empat wahana baru yang dimiliki Taman Pintar, yaitu Sahabat Pemberani, Kota Pusaka, Kelistrikan dan Komunikasi, Taman Pintar memiliki tambahan wahana baru, yaitu Sumber Daya Air dan wahana Melek Gizi.

    

"Kami juga siapkan petugas dan pengaturan lalu lintas di depan Taman Pintar. Kami tidak akan memberikan jalan untuk kendaraan dari arah timur. Pengaturan ini dilakukan agar lalu lintas tetap lancar dan pengunjung yang menyeberang dari Taman Parkir Senopati lebih aman," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement