Kamis 09 Jul 2015 19:40 WIB

Waspadai Kejahatan di Keramaian Saat Mudik

Rep: Hilman Fauzi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Mudik Awal: Antrean penumpang ketika memasuki Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (8/7).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Mudik Awal: Antrean penumpang ketika memasuki Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (8/7).

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Kepala Satuan Reskrim Polres Serang mengimbau masyarakat, khususnya para pemudik mewaspadai tempat-tempat ramai di jalur mudik. Keramaian, kata dia, kerap dimanfaatkan penjahat dalam melancarkan aksinya.

"Pengalaman kami, tempat rawan kriminalitas jalur mudik adalah tempat-tempat yang jadi titik kumpul masyarakat atau keramaian seperti di antrean di Pelabuhan Merak, juga di sepanjang jalur wilayah Hukum Serang," kata Rizal, Kamis (9/7).

Karena, lanjut Rizal sepanjang jalur mudik yang ada di wilayah hukum Serang  banyak  kendaraan besar yang berhenti di SPBU dan tempat peristirahatan sehingga tempat menjadi padat dan ramai.  "Itu kita catat menjadi tempat rawan kriminalitas," ungkapnya.

Potensi kejahatan di keramaian, menurut Rizal sangat tinggi. Sebab, penjahat bisa berbaur dengan masyarakat lain, sehingga sulit dibedakan.

"Karena tempat seperti itu mereka bisa berbaur, kita tidak tahu mana yang penjahat, karenanya diharapkan hati-hati," jelasnya.

Sedangkan jenis kejahatan yang sering terjadi adalah kejahatan seperti pencopetan dan jambret.

"Itu sering terjadi.  Hipnotis dan kejahatan memperdaya juga sering terjadi. Dan tempat-tempat pemberhentian yang ramai, seperti Terminal Pakupatan menjadi tempat yang paling sering terjadi," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement