Kamis 09 Jul 2015 21:03 WIB

Pemprov Sumbar Nyatakan Siap Hadapi Arus Mudik

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sejumlah wisatawan memadati lokasi Jam Gadang di Bukit Tinggi, Sumatra Barat.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Sejumlah wisatawan memadati lokasi Jam Gadang di Bukit Tinggi, Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) bersama Mapolda Sumbar menyatakan siap menghadapi arus mudik dan balik pada Lebaran 1436 H.

"Kepolisian dan instansi terkait sudah siap hadapi mudik Lebaran, mulai H -7 sampai H +3 Lebaran," kata Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno di Padang, Kamis (9/7).

Dikatakannya, kesiapan menghadapi arus mudik ini dilakukan oleh sejumlah instansi terkait. Berbagai macam kondisi, telah disiapkan dan diantisipasi untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik. Ia menuturkan, pihak-pihak yang ikut membantu seperti, TNI AD, TNI AU, TNI AL, pemerintah daerah (pemda), dinas kesehatan, Satpol PP, penyedia jasa layanan asuransi dan ormas-ormas serta sejumlah lembaga.

Menurutnya, karena arus mudik dan balik merupakan agenda tahunan, maka secara protap dan SOP, diharapkan semua persiapan dapat berjalan dengan baik.

"Selama ini di Sumbar, dari laporan tahunan, selalu berjalan baik. Mudah-mudahan tahun ini pun dengan pengalaman yang kita miliki sebelumnya akan sama," tutur Irwan.

Ia menambahkan, kepolisian sebagai leading sector tidak hanya melakukan pengamanan terhadap arus mudik dan balik. Namun, lanjutnya, kepolisian juga memberikan pengamanan terhadap tempat-tempat wisata, pusat-pusat perbelanjaan , rumah-rumah warga. Serta daerah-daerah yang rawan longsor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement