Ahad 05 Jul 2015 03:29 WIB

Sumber Air Baku Berkurang, Aliran PDAM 'Seret'

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Perbaikan fasilitas PDAM (ilustrasi)
Foto: Antara
Perbaikan fasilitas PDAM (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Direktur Utama PDAM Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu, Tatang Sutardi, mengakui pasokan air bersih ke rumah-rumah pelanggan PDAM terganggu dalam beberapa hari. Hal itu terjadi karena sumber air baku di beberapa sungai berkurang akibat musim kemarau.

Beberapa sungai yang selama ini menjadi andalan PDAM sebagai bahan baku air bersih, di antaranya sungai Cimanuk dan sungai Cipanas di Kecamatan Losarang. Saat ini, sungai-sungai itu terus mengalami penurunan debit  air sehingga sangat berpengaruh pada produksi air PDAM Tirta Darma Ayu Indramayu.

Tatang menjelaskan, beberapa instalasi pengolahan air (IPA) milik PDAM pun terpaksa mengurangi kapasitas produksi. Dampaknya, distribusi air ke rumah-rumah konsumen  di beberapa kecamatan menjadi terhambat, seperti di Kecamatan Indramayu, Pasekan, Losarang dan Kandanghaur.

Untuk menjaga supaya air bersih tetap mengalir ke rumah konsumen setiap hari walaupun kecil, mereka diimbau menghemat penggunaan air. Sebaiknya, air hanya digunakan untuk keperluan rumah tangga saja.

"Atas ketidaknyamanan ini, PDAM  Indramayu menyampaikan permohonan maaf. Pelayanan air bersih terganggu selama musim kemarau," ujar Tatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement