Selasa 30 Jun 2015 19:23 WIB

Polres Depok Gandeng Klub Motor Jaga Keamanan Jelang Lebaran

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Anggota klub motor Sarudarah, ilustrasi
Foto: RNW
Anggota klub motor Sarudarah, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Selama Ramadhan hingga Lebaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Polres Kota Depok terus berupaya menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Polres Kota Depok menggandeng sejumlah komunitas motor di Kota Depok untuk berpartisipasi.

“Kami mengajak 251 klub motor yang tersebar di berbagai wilayah di Depok untuk berperan dalam menciptakan kenyamanan selama bulan puasa,” ujar Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta Depok, Kompol Tri Yulianto di Mapolresta Depok, Selasa (30/6).

Sinergitas yang dibangun Polres Kota Depok dengan komunitas motor tersebut diwujudkan dalam bentuk menyatukan seluruhnya dalam satu organisasi. Adapun perkumpulan tersebut dinamakan Biker Depok Anti Kekerasan (BIDAK).

Dalam pelaksanaannya, tambah Tri, seluruh komunitas tersebut ikut melakukan kegiatan preventif yang diusung pihak Polres Kota Depok. Tindakan yang dilakukan berupa ‘Siaga BIDAK’, yaitu berjaga pada titik kumpul di masing-masing komunitas motor serta di lokasi-lokasi yang dinilai cukup rawan terhadap tindak kejahatan.

“Melalui BIDAK mereka dapat saling berkoordinasi dalam melakukan penjagaan di sejumlah titik, sehingga keamanan dapat terus kondusif,” terang Tri.

Diutarakan Tri, adapun aksi yang akan dilakukan tersebut antara lain mengawasi peredaran atau jual beli Miras, tempat-tempat maksiat atau prostitusi, premanisme, dan pelaku teror. Selain itu juga akan memonitor kenakalan anak-anak dan remaja, seperti trek-trekan dan tawuran, peredaran jual beli petasan, serta para pelaku kriminal yang melakukan pembegalan, pencopetan, dan penjambretan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement