Selasa 30 Jun 2015 19:16 WIB

Seribu Pasar Rakyat Bakal Direvitalisasi

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Revitalisasi Seribu Pasar Rakyat: Suasana Pasar Senen, Jakarta, Senin (18/5).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Revitalisasi Seribu Pasar Rakyat: Suasana Pasar Senen, Jakarta, Senin (18/5).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Presiden Joko Widodo melaunching program revitalisasi 1.000 pasar rakyat pada tahun anggaran 2015 di Purwokerto, Selasa (30/6). Acara ditandai dengan penekanan tombol sirine yang kemudian diikuti dengan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Manis Purwokerto, sebagai salah satu pasar tradisional yang akan direvitalisasi.

Presiden menyebutkan, program revitalisasi 1.000 pasar tradisional di Indonesia ini dilaksanakan pemerintah untuk membantu mengembalikan posisi pasar tradisional di tengah masyarakat. Terutama dalam menghadapi persaingan dengan pasar modern yang kini sudah makin menyebar hingga ke kota-kota kecamatan.

''Selama 20-30 tahun terakhir,  pasar tradisional cenderung tidak  pernah 'diapa-apakan',  Hal ini menyebabkan kondisi pasar menjadi makin kumuh, bau, dan tidak teratur. Bahkan pedagangnya juga tidak pernah dibina,'' jelasnya. Dalam kondisi pasar tradidional yang seperti ini dibiarkan, maka makin lama pasar tradisional akan semakin ditinggalkan masyarakat.

Dalam kondisi seperti inilah, Presiden menyatakan, pemerintah perlu hadir untuk melakukan revitalisasi pasar tradisional. Bahkan menurutnya, revitalisasi tidak hanya dilakukan dengan memperbaiki sarana dan prasarana pasar. Melainkan juga melakukan revitalisasi pemberdayaan pedagangnya, dan juga revitalisasi permodalannya.

Dalam progran revitalisasi fisik pasar rakyat, Jokowi menyebutkan, dalam APBN 2015 pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar 1,075 triliun. Dana ini untuk merevitalisasi bangunan pasar rakyat sebanyak 675 unit. Namun dalam APBN Perubahan 2015, anggaran untuk revitalisasi pasar rakyat ini ditambah Rp 1,3 triliun sehingga keseluruhan mencapai Rp 2,386. ''Dengan tambahan anggaran tersebut, maka total pasar yang diperbaiki mencapai 1.000 pasar,'' jelasnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement