Selasa 30 Jun 2015 13:41 WIB

Semua Rest Area Tol Cipali Didesak Siap Beroperasi Minggu Ini

Rep: c08/ Red: Satya Festiani
Kendaraan melintasi Ruas Jalan Tol Cipali yang belum terpasang penerangan jalan umum, Jawa Barat, Jumat (26/6).   (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Kendaraan melintasi Ruas Jalan Tol Cipali yang belum terpasang penerangan jalan umum, Jawa Barat, Jumat (26/6). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mendesak pihak pengelola agar dalam minggu ini menyiapkan semua rest area di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Selain itu, untuk beberapa rest area yang sudah selesai, Basuki menyarankan agar disediakan pemberitahuan agar pengemudi juga dapat mengetahui bahwa rest area tersebut sudah dapat digunakan.

"Rest area, musola, toilet nanti dikasih tahu kalau sudah selesai. Kalau tidak dikasih tahu nanti dikira belum berfungsi," ujar Basuki usai mengikuti rapat koordinasi persiapan mudik dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kepolisian Republik Indonesia, BMKG dan Basarnas di Gedung Kemenhub, Selasa (30/6).

Ia memaparkan bahwa dalam rakornas tersebut pihak kepolisian mencatat bahwa kecelakaan banyak disebabkan karena pengendara yang mengantuk. Karena itulah menurut dia perlunya disegerakan untuk persiapan rest area.

Selain rest area, Basuki juga mengharapkan semua unit operasional di Tol Cipali juga seluruhnya siap untuk menyambut musim mudik 2015 ini. Menurut dia tol Cipali sudah harus menyiapkan semua rambu-rambu, pita kejut dan penerangan.

"Karena (jalur Tol Cipali) panjang, maka di spot-spot tertentu harus ada lampu," ujar Basuki.

Guna memastikan kesiapan Tol Cipali, Basuki menyebut pihaknya dari Kementerian PU-Pera bersama Komisi V DPR RI akan melakukan peninjauan bersama.

"Besok kami bersama Komisi V mau meninjau ke sana," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement