Selasa 30 Jun 2015 08:50 WIB

Sulsel Ditawari Pembangunan PLTB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Satya Festiani
Energi Terbarukan
Foto: energy.gov
Energi Terbarukan

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Melimpahnya potensi energi angin yang dimiliki provinsi Sulawesi Selatan membuat sejumlah investor terpikat untuk membangun pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB).

Kali ini perusahaan Asia Grand Capital melalui anak perusahaannya Indo Wind Power Holdings menawarkan pemerintah provinsi Sulsel untuk membangun PLTB di Kabupaten Jeneponto awal tahun 2016. Dua proyek tersebut adalah PLTB Jeneponto 1 dan PLTB Jeneponto 2.

Direktur Proyek PT Asia Grand Capital, Thijs Sablerolle mengatakan, PLTB Jeneponto 1 nantinya berkapasitas sebesar 62,5 Mw, sedangkan untuk Jeneponto 2 berkapasitas 100 Mw. Total dana yang dibutuhkan untuk kedua PLTB ini diperkirakan mencapai 320 juta dolar AS dengan pembagian PLTB 1 sekitar 120 juta dolar AS dan PLTB 2 mencapai 200 juta dolar AS.

"Kami sudah melakukan riset selama enam tahun untuk pembangunan dua pembangkit yang mengandalkan tenaga angin ini," kata Thijs, Senin(29/6).

Pemilihan Jeneponto sendiri, karena daerah tersebut memiliki potensi energi angin yang paling besar dengan kecepatan angin 8 meter per detik. Selain itu, posisi Jeneponto yang berada di pesisir selatan provinsi Sulawesi Selatan membuat angin dari arah selatan dan timur selalu ada sepanjang tahun. PT Indo Wind Power Holdings juga telah melakukan berbagai survei seperti lingkungan dan amdal, sosial ekonomi, hingga bioteknik.

Thjis menjelaskan, pihaknya juga tengah melakukan tender untuk pengadaan turbin dengan beberapa negara di Eropa. Sejauh ini negara Denmark menjadi kandidat terkuat untuk pengadaan ini. Denmark kemungkinan akan bersaing ketat denga Amerika dalam pengadaan turbin ini. Untuk memulai kontruksi pada 2016, PT Asia Grad Capital tinggal menunggu persejutuan dari pemprov Sulsel dan negosiasi mengenai harga listrik dengan PLN.

Menanggapi pengajuan ini, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, akan mendukung pengadaan PLTB di Jeneponto. Bahkan ia menawarkan perusahaan tersebut membangun pembangkit di daerah lain, seperti Kabupaten Kepulauan Selayar dan Kabupaten Takalar.

Terlebih saat ini Sulsel tengah meningkatkan hilirisasi industri dengan meningkatkan pembangunan khususnya di bidang smelter dan pengembangan dua pabrik semen yang ada di Sulsel. "Kita ingin industri di Sulsel terus bertambah baik. Artinya listrik pun harus disiapkan lebih banyak," ungkap Syahrul. Meski demikian, Pemprov Sulsel untuk sementara akan mempelajari pengajuan ini karena sebelumnya juga ada perusahaan yang siap membangun pembangkit listrik tenaga angin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement