Selasa 30 Jun 2015 07:45 WIB

Setahun, Sukabumi Produksi Cabai Merah Hampir 40 Ribu Ton

Rep: Riga Iman/ Red: Satya Festiani
Panen Cabe
Foto: ANTARA
Panen Cabe

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu sentra produksi cabai merah di Jawa Barat. Dalam setahun, daerah di selatan Jabar ini mampu memproduksi cabai merah hampir 40 ribu ton.

Data Dinas Pertanian Tanaman Pangan (DPTP) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, cabai merah besar dalam setahun bisa mencapai 21.595 ton. Sementara cabai merah keriting mencapai 16.056 ton.

‘’Produksi cabai merah tersebut melebihi dari kebutuhan warga di Sukabumi,’’ ujar Kepala DPTP Kabupaten Sukabumi Sudrajat kepada wartawan Senin (29/6). Hal ini disampaikan di sela-sela acara panen raya cabai merah keriting di Lembah Halimun Kampung Warnasari, Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi.

Menurut Sudrajat, sebagian hasil panen cabai merah di Sukabumi dikirim ke Jakarta dan daerah sekitarnya.  Saat ini harga cabai merah di tingkat petani lumayan baik yakni Rp 13 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogramnya.

Sudrajat mengatakan, saat ini luasan areal tanam cabai merah besar di Sukabumi mencapai 1.440 hektare. Sementara cabai merah keriting seluas 1.314 hektare. Keberadaan lahan cabai tersebut terdapat di sejumlah kecamatan misalnya Sukabumi dan Kadudampit.

Camat Sukabumi Nur Komarudin menambahkan, tanaman cabai merah merupakan salah satu produksi andalan pertanian di wilayahnya. ‘’ Namun, saat ini petani cabai terkendala dengan masalah gudang dan pipanisasi air,’’ ujar dia. Bila masalah itu diatasi, maka produksi cabai merah di Sukabumi akan semakin meningkat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement